Berita

Gerdal OPT Padi Menggunakan Agensia Hayati di Kelompok Tani Sedyo Rukun Sanggrahan, Canden, Jetis, Bantul

Senin Pahing, 31 Mei 2021 15:57 WIB 148

foto

Pada Kamis, 27 Mei 2021 bertempat di Kelompok Tani Sedyo Rukun Sanggrahan, Canden, Jetis, Bantul, dilaksanakan kegiatan Gerakan Pengendalian (Gerdal)  OPT  pada tanaman Padi. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala LPHPT DIY, Tim Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, POPT, PPL Kapanewon Jetis, dan Anggota Kelompok Tani Sedyo Rukun. Kemitraan dan kerjasama yang baik harus terus dijalin dalam setiap kegiatan. Tujuan kegiatan ini untuk mengantisipasi serangan OPT pada tanaman padi secara berkesinambungan. Saat ini kegiatan gerdal sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali  mulai fase persemaian, fase pertumbuhan awal (10-15 hst), dan fase anakan maksimal (umur 30-35 hst). OPT yang diantisipasi antara lain Penggerek Batang Padi, BLB dan Walang Sangit.

Pelaksanaan kegiatan gerdal diawali dengan penjelasan teknis terkait agensia hayati (PGPR, Beauveria bassiana, Paenibacillus polymyxa). Aplikasi agensia hayati dipertanaman padi dan dilanjutkan dengan pertemuan kelompok guna mengevaluasi kegiatan dan menentukan rencana tindak lanjut kegiatan. Dalam hal ini disepakati bersama bahwa  akan dilaksanakan kegiatan gerdal selanjutnya pada dua minggu mendatang, sebelum fase pembungaan. 

Dengan adanya kegiatan gerdal ini harapannya serangan OPT pada tanaman padi dapat terkendali, tanaman akan tumbuh dengan baik, produksi padi meningkat serta meminimalkan residu kimia pada lahan dan hasil pertanian (Dewi Novitasari).