Berita

Panen Perdana “Kedelai Bangkit Dari Bantul Untuk Indonesia”

Kamis Pahing, 6 Mei 2021 14:05 WIB 298

foto
Panen Perdana “Kedelai Bangkit Dari Bantul Untuk Indonesia” bersama Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih (foto : Diperpautkan Bantul)

Bertempat di areal persawahan Dusun Nogosari, Kalurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih hari ini melakukan panen perdana “Kedelai Bangkit Dari Bantul Untuk Indonesia”, Rabu (6/5/2021).

Komoditas kedelai yang dipanen dalam kesempatan tersebut adalah jenis non Genetic Modified Organism (GMO) dan ditanam dengan bentuk kemitraan usaha terpadu dan terintegrasi.
Dalam pidato sambutannya Bupati Bantul merasa senang dan bangga atas keberhasilan para petani di Nogosari yang tergabung dalam kelompok tani “Ngudi Makmur” dalam bertani komoditas kedelai.
“Saya turut senang dan bangga, petani di Nogosari Selopamioro berhasil mengembangkan pertanian komoditas kedelai dengan hasil yang maksimal“ Kata Bupati.

Bupati melanjutkan, pengembangan pertanian di masa depan akan fokus pada penguatan kemitraan yang diyakini dapat memperbaiki sistem pertanian dari hulu sampai hilir. Hal ini terbukti dalam kemitraan komoditas kedelai di Nogosari yang hasilnya telah diserap oleh CV. Java Agro Prima dengan harga beli dari petani sebesar Rp 8.500 per kilogram.

“Dengan kemitraan akan juga meningkatkan kualitas pertanian serta memiliki konsumen yang jelas-jelas menyerap hasil panen petani sehingga harga terjamin” tambah Bupati.
Kepada para petani, Bupati juga menyampaikan harapannya agar kedepan petani harus melakukan inovasi dalam menghadapi modernitas pertanian.

“Kami ajak para petani untuk berinovasi karena pertanian itu berkembang terus sehingga kalau ada metode baru yang lebih baik ya harus dapat diaplikasikan” pungkas Bupati.

 

Sumber : Humas Protokol Bantul