Berita

Gerdal OPT Padi Menggunakan Agensia Hayati Dan Drone, Upaya Menarik Minat Generasi Muda Masuk Usaha Pertanian

Selasa Kliwon, 4 Mei 2021 10:38 WIB 246

foto
Gerdal OPT Padi Menggunakan Agensia Hayati Dan Drone, Upaya Menarik Minat Generasi Muda Masuk Usaha Pertanian (Foto : Diperpautkan Bantul)

Pada Senin, 3 Mei 2021 kemarin, telah dilaksanakan acara Gerakan Pengendalian (Gerdal) OPT Padi menggunakan agensia hayati dan drone di areal persawahan Kelompok Tani “Ngudi Makmur”, Dusun Kadibeso, Kalurahan Sabdodadi, Kapanewon Bantul.

Acara dihadiri oleh Kepala UPTD Laboratorium BPTP DIY, Bidang TPHBun DPPKP Kabupaten Bantul, Kapanewon Bantul, BPP Bantul, Lurah dan Ulu-ulu Kalurahan Sabdodadi, Babinkamtibnas, Babinsa, Ketua Gapoktan Sabdodadi, Ketua kelompok tani se-Kalurahan Sabdodadi serta pengurus dan anggota Kelompok Tani Ngudi Makmur.

Umur tanaman padi saat ini adalah 1-20 HST, sehingga gerakan ini merupakan tindakan pencegahan terhadap serangan OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) sejak awal tanam. Penyemprotan menggunakan agensia hayati Corine bacter, Beauveria Bassiana dan PGPR (agensia hayati adalah mikro organisme yang merupakan musuh alami hama dan penyakit tanaman).

Penyemprotan menggunakan drone (pesawat tanpa awak) disewa dari CV. Sapta Teknologi Mandiri, dengan kapasitas angkut drone 10 liter. Dibutuhkan cairan sebanyak 10-15 liter untuk menyemprot 1 hektar lahan sawah, jika lahan tidak banyak barrier pohon maupun bangunan maka hanya diperlukan waktu 15 menit/ha.

Dengan adanya teknologi drone ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan jumlah sumber daya manusia, biaya produksi budidaya dapat lebih efisien serta meningkatkan efisiensi usaha tani, karena selain lebih hemat waktu, hemat biaya, dapat dilakukan secara serempak dan merata dalam satu area di waktu yang bersamaan.

Selain itu,diharapkan juga dapat menarik minat generasi muda untuk masuk ke usaha pertanian, karena saat ini jumlah petani muda relatif masih sedikit dikarenakan usaha pertanian masih dirasa kurang bergengsi dibanding usaha yang lain. (CSD)