Berita

Bupati Bantul Serahkan Bantuan Alsintan, Upaya Dongrak Produksi Pertanian

Kamis Kliwon, 29 April 2021 14:42 WIB 163

foto
Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih secara simbolis menyerahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kepada Kelompok Tani Bantul bertempat di Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul. (Foto : Diperpautkan Bantul)

Pada hari ini, Kamis, 29 April 2021, Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih secara simbolis menyerahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kepada Kelompok Tani Bantul bertempat di Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul.

Adapun Kelompok Tani yang menerima bantuan Alsintan secara simbolis dalam kesempatan tersebut adalah Kelompok Tani Bakalan berupa 1 unit Hand Traktor Besar, Kelompok Tani Mandiri Kedon berupa 1 unit Power Treser Multiguna, Gapoktan Tri Manunggal Bantul berupa 1 unit Power Treser Mobile dan Kelompok Tani Rukun Tegallayang berupa 1 unit Pompa Air.

Dalam sambutannya Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih menyampaikan bahwa  Pemerintah Kabupaten Bantul ingin agar kadhang tani mendapatkan keuntungan, kesejahteraan, dan  ekonomi yang lebih baik dibandingkan hari - hari sebelumnya. Oleh karena itu, bantuan Alsintan yang dilaksanakan oleh Pemda DIY bersama DPRD DIY ini merupakan salah satu strategi untuk menyempurnakan manajemen teknis guna mendongkrak produksi pertanian di Kabupaten Bantul.

Lebih lanjut, Bupati Bantul berharap kepada para Kelompok Tani yang menerima bantuan, agar dapat dimanfaatkan secara maksimal, dipelihara dengan baik dan dioperasionalkan sesuai dengan standar operasionalnya. Sehingga, akan memberikan akselerasi untuk terwujudnya pertanian Bantul yang maju, mandiri dan modern.

Sementara itu, mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DIY, Andi Nawa Candra, SP. MP juga menyampaikan bahwa Alsintan ini diperoleh dari dana APBD DIY dan Dana Pusat Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Sehingga, bantuan Alsintan tersebut diharapkan nantinya akan dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan para petani.

 

Sumber : Humas Protokol Bantul