Berita

Bupati Bantul Lauching SIKOMANDAN

Selasa Pahing, 6 April 2021 11:40 WIB 154

foto
Bupati Bantul, H, Abdul Halim Muslih mengunjungi kandang ternak sapi pada acara Lauching SIKOMANDAN di Kelompok Ternak “Sido Dadi”, Krajan, Poncosari, Srandakan, Bantul. (Foto : Diperpautkan Bantul)

Pada Senin, 5 April 2021, Bupati Bantul, H, Abdul Halim Muslih meluncurkan program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN) tahun 2021 di kandang Kelompok Ternak “Sido Dadi”, Krajan, Poncosari, Srandakan, Bantul.

Bupati Bantul menyampaikan bahwa Bantul menjadi wilayah penghasil ternak yang menyuplai hingga 70% kebutuhan daging untuk wilayah DIY. Karenanya Beliau menyambut baik dan mengapresiasi keberadaan program SIKOMANDAN yang pembiayaannya berasal dari dana APBN.

Beliau berharap produktivitas ternak di Bantul dapat ditingkatan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan peternak dan menuju swasembada daging tahun 2026.
Seperti dilaporkan sebelumnya bahwa di Bantul pada tahun 2020 program inseminasi buatan untuk hewan ternak memiliki target 15.645 dan terealisasi sebanyak 39.380. Sedangkan untuk pencapaian pemeriksaan kebuntingan memiliki target 15.645 dan terealisasi sebanyak 16.080 sedangkan angka kelahiran memiliki target 8671 dan terealisasi 13.199.

Atas prestasi pencapaian tersebut Bupati Bantul mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada para petugas inseminator.

“Kami ucapakan selamat dan apresiasi kepada para inseminator yang tidak kenal lelah berjuang untuk meningkatkan produktiifitas” tambah Pak Halim.

Kedepan Bupati Bantul berharap adanya sinergi antar sektor pertanian dan sektor industri, hal ini karena sektor pertanian dihuni oleh mayoritas penduduk Bantul.

“Bantul saat ini menjadi salah satu wilayah yang difokuskan dalam pengembangan industri di wilayah DIY, Saat ini berkembang industri pengolahan pangan seperti frozen food hasil ternak, hal ini menunjukan bahwa hasil produktivitas pertanian dapat diserap oleh industri-industri pangan. Dengan adanya sinergi sektor industri dan pertanian, muaranya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat” ujar Pak Halim.

Mengakhiri acara tersebut Bupati Bantul secara simbolis menyerahkan sertifikat kompetensi kepada petugas inseminator dan setelah itu juga melakukan pemeriksaan kehamilan hewan ternak menggunakan teknologi USG serta melakukan inseminasi buatan untuk ternak sapi dan kambing.

 

Sumber : Humas Protokol Bantul