Berita

Gerakan Pengendalian Opt Tanaman Padi Dengan Pestisida Nabati

Senin Legi, 25 Januari 2021 12:03 WIB 775

foto

Pengendalian Hama dan Penyakit Sangat Penting Di Terapkan Pada Pelaksanaan Usaha Tani Budidaya Tanaman Padi , Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Padi Baiknya Dilakukan Sedari Dini Guna Mencegah Adanya Serangan Hama Dan Penyakit Yang Akan Mempengaruhi Produktivitas Tanaman Padi Sehingga Petani Mengalami Kerugian Pada Pelaksanaan Usaha Tani nya.

Pengawalan Terhadap Budidaya Tanaman Padi Sawah Ini Dapat Kita Lakukan Dari Awal Dengan Melakukan Perlakuan benih atau seed treatment dengan tujuan untuk memberikan pertahanan atau proteksi terhadap hama dan penyakit di persemaian dan untuk memberikan nilai tambah pada benih.

Di Kecamatan Kasihan Kelompok Tani Telah Mengerti Akan Pentingnya Pelaksanaan Pengawalan Dan Pengendalian Terhadap OPT Tanaman Padi. Bersama Dengan Tim PPL Dari BPP Kecamatan Kasihan Kita Melakukan Gerdal Preemtif OPT Tanaman Padi, Pelaksanaan Gerakan Pengendalian Terhadap OPT Tanaman Padi Yaitu Dengan  Melakukan Penyemprotan Kepada Tanaman Padi Menggunakan Pestisida Nabati.

Pestisida Nabati Yang Di Gunakan Antara Lain :

  1. Beauveria bassiana merupakan cendawan entomopatogen yaitu cendawan yang dapat menimbulkan penyakit pada seranggaBeauveria bassiana  Merupakan jamur mikroskopik dengan tubuh berbentuk benang-benang halus (hifa). Berdasarkan hasil beberapa kajian yang telah dilakukan,  jamur ini efektif mengendalikan hama walang sangit (Leptocorisa oratorius) dan wereng batang coklat (Nilaparvata lugens) pada tanaman padi serta hama kutu (Aphids sp.) pada tanaman sayuran. ( http://distan.jogjaprov.go.id/ )
  2. CORRIN adalah agens hayati alami (pestisida biologi ) berbasis bakteri antagonis corynebacterium yang sangat efektif untuk mengendalikan penyakit-penyakit utama pada tanaman padi.
  3. PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) atau sekelompok bakteri menguntungkan yang hidup disekitar perakaran. Peran PGPR sangat penting bagi tanaman, bakteri-bakteri PGPR berperan sebagai pemacu pertumbuhan tanaman dan pencegah penyakit perakaran.

Dengan Pelaksanaan Pengendalian OPT Serta Budidaya Tanaman Padi Yang Baik, Di Harapkan Dapat Memberikan Hasil Panen Yang Melimpah Dan Memberikan Keuntungan Untuk Petani Di Kecamatan Kasihan.

Kontributor : Dian Palupi, SP (PPL Kecamatan Kasihan)