Berita

Unit Pengolah Ikan Bantul Juara III Lomba UPI DIY

Kamis Wage, 15 Oktober 2020 13:48 WIB 329

foto

Selasa (13/10) Bertempat di Mulyasari, Baleharjo, Wonosari, Gunung Kidul, Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan beserta staf Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul menghadiri kegiatan penyerahan hadiah juara Lomba UPI (Unit Pengolahan Ikan) dalam rangka Festival Bahari Tahun 2020. Kegiatan ini diprakarsai oleh Dinas Kelautan dan Perikanan D.I.Yogyakarta.

Diikuti oleh 13 UPI yang berasal dari seluruh wilayah Kabupaten dan Kota di Yogyakarta, lomba ini memiliki standar yang tidak main main. Disyaratkan bagi peserta yaitu UPI yang sudah memiliki SKP dan sudah ber-SNI. Dari 13 peserta diperolah 5 juara terbaik dan salah satunya berasal dari Kabupaten Bantul, yaitu Mydea Frozen Food beralamat di Argomulyo, Sedayu yang berhasil menyabet juara III.

Acara dimulai dengan sambutan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunung Kidul, drh. Krisna Berlian menyampaikan bahwa beliau sangat mendukung kegiatan seperti ini karena dapat menjadi motivasi bagi pelaku usaha pengolahan ikan di Kab. Gunung Kidul untuk dapat terus eksis dan terus mengembangkan produksinya. Menambahkan, unit pengolahan ikan akan terus didukung oleh pemerintah Kab. Gunung Kidul karena selaras dengan harapan Ibu Bupati untuk menjadikan Gunung Kidul sebagai tujuan wisata di Yogyakarta terutama kuliner, termasuk di dalamnya kuliner dari olahan ikan.

Sambutan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan D.I.Yogyakarta yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan dengan anggaran Dana Keistimewaan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi bagi pelaku usaha pengolahan perikanan di DIY agar tetap eksis meskipun di tengah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih belum berakhir.

Penilaian juara berdasarkan pada 2 aspek, yaitu aspek teknis dan non teknis. Adapun untuk aspek teknis dinilai dari segi SOP kegiatan pengolahan dari penanganan bahan baku hingga penanganan hasil akhir dan SOP bangunan UPI itu sendiri. Sedangkan untuk aspek non teknis dilihat dari segi administrasi dan kelembagaan. (dp)