Berita

300.000 Ekor Benih Ikan Program Minapadi Ditebar

Senin Legi, 12 Oktober 2020 09:28 WIB 245

foto
Prosesi penebaran benih ikan nila program Minapadi di Bulak, Polaman, Sedayu.

        Minapadi merupakan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang pada tahun 2020 ini dilaksanakan di Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Minapadi di Kecamatan Sedayu ini menggunakan lahan pertanian seluas 15 hektar. Jenis ikan yang ditebar pada Minapadi ini adalah ikan nila dengan ukuran 6-7 cm sejumlah 300.000 ekor.

        Pada hari Kamis, 8 Oktober 2020 dilakukan penebaran benih ikan perdana di Bulak Polaman Argorejo, Sedayu, Bantul. Acara ini dhadiri oleh Camat Sedayu, Lurah Sedayu, Dukuh Argorejo, Kapolsek Sedayu, Perwakilan dari Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Kepala Bidang Perikanan dan Kelautan DPPKP Bantul, Kasie Perikanan Budidaya DPPKP Bantul dan Staf DPPKP Bantul), Tim dari BBPBAT Sukabumi, Perwakilan dari BPP Sedayu serta Anggota kelompok Tani Polaman “Sedyo Makmur”.

        Acara Tebar benih ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, yang dipandu oleh penyuluh perikanan kecamatan Sedayu. Acara ini diawali dengan sambutan-sambutan, sambutan yang pertama dari Kepala Dusun Argorejo, kemudian Camat Sedayu dan sambutan yang terakhir dari Kepala Bidang Perikanan dan Kelautan DPPKP Bantul. Pada intinya semua pihak berharap program Minapadi ini dapat berjalan dengan lancar sampai nanti pada saatnya panen. Dengan adanya Minapadi ini diharapkan hasil panenan padinya meningkat dibandingkan dengan ketika menanam padi dengan metode biasa, karena logikanya tanaman padi ini dapat tumbuh subur dengan adanya pupuk organik dari kotoran ikan. Kemudian acara yang terakhir adalah penutup yang dilanjutkan dengan prosesi Tebar Benih perdana di area persawahan Bulak Polaman Argorejo, Sedayu, Bantul. (DD)