Berita

Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan, Upaya Optimalkan Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani

Jumat Pahing, 18 September 2020 09:26 WIB 70

foto
Sekretaris Dinas Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Suryono, M.Si. secara simbolis menutup acara Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan Bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) yang digelar 15-17 September 2020 bertempat di KWT Nusa Indah, Bongsren, Gilangharjo, Pandak, Bantul. (Foto : Taufik)

                 Dalam rangka peningkatan kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan pada Selasa-Kamis, 15-17 September 2020 bertempat di KWT Nusa Indah, Bongsren, Gilangharjo, Pandak, Bantul digelar Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan Bagi Kelompok Wanita Tani (KWT).

                Pada hari pertama acara dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Yus Warseno, S.Pi, M.Sc. Dilanjutkan penyampaian materi tentang budidaya tanaman dan pemberdayaan KWT, pemanfaatan pekarangan dan Konsumsi Pangan B2SA serta Keamanan Pangan.

                Pada hari kedua, para anggota KWT mendapatkan materi seputar Media Tanam yang Baik dilanjutkan praktek membuat media tanam dan arang sekam, teknik pembibitan tanaman sayuran dan praktik pembibitan tanaman sayuran.

                Pada hari ketiga, materi yang disampaikan tentang Kelembagaan dan Dinamika Kelompok, pengendalian hama dan penyakit sayuran, cara budidaya ikan lele di lahan sempit dan Rencana Tindak Lanjut. Pada hari ketiga ini secara simbolis acara ditutup oleh Sekretaris Dinas Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Suryono, M.Si.

                Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan para anggota KWT dalam mengolah serta mengelola lahan pekarangan. (TP)