Berita

Evaluasi Pra CBIB dan CBIB, Upaya Tingkatkan Standar Cara Budidaya Ikan Yang Baik

Rabu Pon, 9 September 2020 17:04 WIB 102

foto
Tim Juri melakukan kunjungan ke lapangan dalam rangka Evaluasi CBIB. (Foto : Taufik)

                Dalam rangkaian kegiatan peningkatan budaya bahari, Dinas Kelautan dan Perikanan D. I. Yogyakarta mengadakan kegiatan Evaluasi CBIB dan Pra CBIB. Untuk Kabupaten Bantul evaluasi dilaksanakan pada hari ini, Rabu, 9 September 2020. Evaluasi diikuti oleh seluruh kabupaten/ kota yang masing-masing mengirimkan 2 pokdakan untuk tiap kategori.    

                Kabupaten Bantul diwakili oleh Pokdakan Minahasa, Pulutan, Pendowoharjo, Sewon dan Mina Barokah, Gunturan, Triharjo, Pandak, Bantul untuk kategori CBIB. Sedangkan kategori Pra CBIB diwakili oleh Pokdakan Mina Dompon Sejahtera Kadisoro, Gilangharjo, Pandak dan Mina Kencana, Jomegatan, Ngestiharjo, Kasihan. Tim Juri dari Dinas Kelautan dan Perikanan D. I. Y terdiri dari 2 tim, tim CBIB dipimpin oleh Kepala Seksi Perikanan Budidaya Bapak Aribowo dan Tim Pra CBIB dipimpin oleh Bapak Mas'ud Nurmo Handoyo, S.T.

                Aspek penilaian meliputi: kelembagaan 20%, administrasi 20%, dan penerapan CBIB dalam proses budidaya 60% (meliputi sumber air budidaya, pembuangan air kolam budidaya, kebersihan kolam dan lainnya).

                Diharapkan dengan adanya kegiatan evaluasi,  mendorong semangat anggota kelompok dalam melaksanakan kegiatan budidaya sesuai standar oprasional dan nantinya produk yang dihasilkan dapat memenuhi persyaratan keamanan pangan. (Tth)