Berita

Wiwitan dan Panen Raya Padi, Wujud Syukur Petani di Klangon dan Tapen, Argosari, Sedayu, Bantul

Senin Legi, 7 September 2020 14:00 WIB 147

foto
Wiwitan dan Panen Raya Padi di Lokasi DPI (Dampak Perubahan Iklim) Kelompok Tani Angratani Klangon dan Tapen, Argosari, Sedayu, Bantul. (Foto : Crisna)

                Pada Senin, 7 September 2020 bertempat di Lokasi DPI (Dampak Perubahan Iklim) Kelompok Tani Angratani Klangon dan Tapen Argosari, Sedayu, Bantul digelar acara Wiwitan dan Panen Raya Padi. Acara ini merupakan wujud syukur keberhasilan petani dalam mengendalikan hama wereng dan kekeringan yang dialami oleh Kelompok Tani Klangon dan Tapen. Dalam panen tersebut setelah dilakukan ubinan, panen menghasilkan produktivitas padi sebesar 7,2 ton per hektar GKP dengan lahan seluas 30 hektar dengan padi varietas chiherang.

                Acara dihadiri oleh Kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman Pertanian (BPTP) DIY, Ir. Rd. Maman Suherman, MP, Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Yus Warseno, S.Pi, M.Sc, Camat Sedayu, Sarjiman, S.IP, ME beserta segenap jajaran Muspika Kecamatan Sedayu, Lurah Desa Argosari, Regu Pengendali Tanaman (RPT) dan Anggota Kelompok Tani Angratani Klangon dan Tapen, Argosari.

                Acara diawali dengan Wiwitan dan Panen Raya, dilanjutkan dengan ucapan selamat datang oleh Camat Sedayu, Sarjiman, S.IP, ME, sambutan serta laporan kegiatan oleh Ketua Kelompok Tani, pengarahan dari Kepala UPTD BPTP DIY, Ir. Rd. Maman Suherman, MP dan Kepala DPPKP Kabupaten Bantul, Yus Warseno, S.Pi, M.Sc.

                Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan produksi pertanian khususnya padi dan para petani diharapkan dapat menerapkan agensia hayati untuk mengendalikan berbagai macam hama dan penyakit tanaman, salahsatunya wereng batang coklat. Para petani juga diharapkan dapat berperan aktif ketika terjadi serangan hama untuk segera melapor/ menghubungi petugas baik di BPP maupun koordiantor OPT/RPT. (TP)