Berita

Kunjungan Kerja Tim PANSUS DPRD DIY Terkait LP2B di Kabupaten Bantul

Senin Wage, 31 Agustus 2020 16:08 WIB 70

foto
Kunjungan Kerja Tim PANSUS DPRD DIY Terkait LP2B di Kabupaten Bantul (Foto : Taufik)

                 Pada Kamis, 27 Agustus 2020 bertempat di R. Rapat Kadin Diperpautkan Bantul, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul menerima Kunjungan Kerja dari Tim PANSUS DPRD DIY terkait LP2B.

                Dalam Kunjungan Kerja tersebut, turut hadir Bappeda DIY, Dinas Tata Ruangan Kabupaten Bantul, Bappeda Kabupaten Bantul, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Bantul, Dinas PUPKP Kabupaten Bantul, Kantor Pertanahan Kabupaten Bantul, serta OPD terkait.

                Saat ini sedang dilaksanakan review Perda DIY No. 10 Tahun 2011 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Kunjungan ini bermaksud untuk menggali masukan apabila ada usulan dari Bantul mengenai review tersebut. Usulan dari Kabupaten Bantul lebih mengarah ke insentif atau kompensasi yang didapatkan oleh petani yang masuk dalam LP2B. Selain itu juga diharapkan Perda Perlindungan LP2B dapat diimplementasikan dengan sebenar-benarnya sehingga dapat mengendalikan laju alih fungsi lahan.  Kunjungan tersebut juga bermaksud memonitoring progres Perlindungan LP2B di Kabupaten Bantul. Materi LP2B akan dimasukkan dalam Review Perda RTRW Kabupaten Bantul. Luasan kawasan LP2B juga akan mengacu pada Perda DIY No.5 Tahun 2019 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019 – 2039. Dari Perda tersebut, disebutkan bahwa luas LP2B seluas 14.407,50 ha, lahan cadangan pertanian pangan berkelanjutan 4.667,51 ha. Sehingga luas kawasan LP2B seluas 19.075,01 ha. Selanjutnya diharapkan Kabupaten Bantul segera menyusun Perda Perlindungan LP2B di Kabupaten Bantul sebagai upaya pengendalian alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian. Tentunya penyusunan Perda Perlindungan LP2B ini membutuhkan koordinasi intensif berbagai sektor di Kabupaten Bantul. (MK)