Berita

Misi Penyelamatan Tyto Alba oleh Regu Perlindungan Tanaman Kabupaten Bantul

Jumat Kliwon, 7 Agustus 2020 14:46 WIB 227

foto
Pelepasan burung Tyto alba ke alam (Foto: Dewi)

            Hari Minggu, 28 Juni 2020 ditemukan Tyto alba oleh Kelompok Tani Cawan, di Bulak Cawan dalam kondisi kelelahan. Petani menyerahkan burung tersebut kepada Regu Perlindungan Tanaman Kabupaten Bantul kemudian mendapat perawatan di Hospital Tyto Alba yang beralamat di Samben Argomulyo Sedayu. Perawatan Tyto alba dilakukan dengan pemberian obat, air minum dan makanan yang cukup. Dalam sehari Tyto alba mampu memakan 5 ekor tikus. Tikus tersebut merupakan hasil tangkapan petani dari Kabupaten Sleman. Setelah kondisi Tyto alba dinyatakan sehat baru akan dilepaskan ke alam.

           Selasa(15/07/2020), Regu Perlindungan Tanaman (RPT) Kabupaten Bantul melepaskan burung Tyto Alba ke alam. Kegiatan ini dilaksanakan di Hospital Tyto Alba, Samben Argomulyo Sedayu, dihadiri oleh Kepala BPTP DIY, DPPKP Kabupaten Bantul, CSR Pertamina, Camat, Lurah, RPT, POPT, PPL BPP Sedayu dan petani setempat.

           Pelepasan burung Tyto alba ke alam selain untuk melestarikan keberadaannya, juga sebagai salah satu upaya pengendalian hama tikus secara alami di pertanaman padi karena Tyto alba merupakan musuh alami tikus. Harapannya dengan adanya kegiatan ini populasi hama tikus berkurang sehingga produksi padi meningkat (DN).