Berita

Panen UGANDI (Udang Galah Padi) Di Dusun Kanten, Kebon Agung, Imogiri, Bantul

Senin Wage, 27 Juli 2020 14:18 WIB 285

foto
Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Yus Warseno, S.Pi, M.Sc bersama Kepala BPTP Balitbangtan Yogyakarta, Dr. Soeharsono, S.Pt., M.Si, dan para tamu undangan memanen udang galah di Dusun Kanten, Kebon Agung, Imogiri, Bantul. (Foto : Taufik)

                 Pada Senin, 27 Juli 2020 bertempat di Dusun Kanten, Kebon Agung, Imogiri, Bantul diselenggarakan acara Temu Lapang Panen Udang Galah (Ugandi). Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Yus Warseno, S.Pi, M.Sc, Kepala BPTP Balitbangtan Yogyakarta, Dr. Soeharsono, S.Pt., M.Si., Polsek Imogiri, Koramil Imogiri, Lurah Desa Kebon Agung, dan perwakilan kelompok tani dari Kecamatan Imogiri dan Jetis.

                Acara dimulai dengan sambutan selamat datang dari Lurah Desa Imogiri, dilanjutkan Laporan Ketua Kelompok Tani “Sasono Catur”, dilanjutkan dengan sambutan serta pengarahan dari Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Yus Warseno, S.Pi, M.Sc dan Kepala BPTP Balitbangtan Yogyakarta, Dr. Soeharsono, S.Pt., M.Si.

               Udang galah merupakan jenis udang yang termasuk dalam spesies Macrobrachium rosenbergii. Udang galah memiliki ciri-ciri fisik yang lebih besar dari jenis udang lainnya. Udang galah biasanya hidup di daerah perairan air tawar yang dangkal. Udang Galah yang kadang disebut dengan “Baby Lobster” ini selain mempunyai kandungan gizi yang tinggi juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan produksi udang galah sehingga kesejahteraan petani dapat meningkat. (TP)

 

Sumber referensi : Wikipedia.