Berita

Sosialisasi Penyakit Hewan Menular African Swine Fever (ASF) di balai Desa Ngestiharjo, Kasihan, Bantul

Jumat Pon, 13 Maret 2020 13:48 WIB 73

foto
Guru Besar FKH UGM, Prof. Dr. drh. Michael Haryadi Wibowo, M.P. menyampaikan materi tentang African Swine Fever (ASF). (Foto : Taufik)

                Dalam rangka peningkatan program pencegahan dan penanggulangan penyakit ternak Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Kamis, 12 Maret 2020 menggelar acara Sosialisasi Penyakit Hewan Menular African Swine Fever (ASF) bertempat di balai Desa Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Acara dikuti oleh para peternak,  khususnya para peternak babi se-Desa Ngestiharjo.

                Acara dibuka dan dilanjutkan dengan sambutan serta pengarahan dari Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Joko Waluyo, S.Pt, M.Sc dilanjutkan penyampaian materi oleh Guru Besar FKH UGM, Prof. Dr. drh. Michael Haryadi Wibowo, M.P. dan drh. Sri Handayani, M.Biotech dari BBVET Wates.

                Prof. Dr. drh. Michael Haryadi Wibowo, M.P. menyampaikan bahwa African Swine Fever (ASF) adalah penyakit pada babi yang sangat menular dan dapat menyebabkan kematian pada babi hingga 100 % sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi yang sangat besar. ASF tidak berbahaya bagi manusia. ASF bukan penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia (zoonosis), jadi produk babi dipastikan tetap aman untuk konsumsi selama dimasak dengan benar.

                Faktor risiko penyebab ASF bisa berasal dari pemasukan daging babi/ produk babi, swill feed, serta manusia yang membawa virus ASF dan kontak dengan babi di lingkungannya. Langkah strategis utama pencegahan ASF dengan penerapan biosekuriti dan manajemen peternakan babi yang baik. Daerah yang berisiko tinggi untuk dapat segera dilakukan pengawasan yang ketat dan intensif.

                Diharapkan dengan adanya kegiatan Sosialisasi Penyakit Hewan Menular (ASF) ini dapat meningkatkan upaya dalam pencegahan Penyakit Hewan Menular khususnya  African Swine Fever (ASF). (Snr)