Berita

Yuk, Kita Menanam Anggrek!

Kamis Pahing, 12 Maret 2020 15:10 WIB 185

foto
Para peserta pelatihan sedang praktik menanam anggrek di lingkungan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul. (Foto : Asih)

             Pada Kamis, 12 Maret 2020 dilakukan penanaman anggrek di lingkungan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul. Penanaman ini dilakukan oleh para peserta yang mengikuti Pelatihan Budidaya Anggrek yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 11 s/d 12 Maret 2020. Peserta pelatihan adalah para pecinta anggrek di wilayah Kabupaten Bantul. Hari pertama penyampaian materi yang disampaikan di Ruang Cempaka Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta.

            Tanaman anggrek yang ditanam merupakan jenis dendrobium dan anggrek bulan. Penanaman dengan cara ditempelkan di pohon. Peserta pelatihan diajari bagaimana cara memisahkan anakan anggrek, yaitu dengan cara memotong anakan minimal tiga batang. Setelah itu peserta diperkenalkan dengan cara tanam sistem tempel di pohon dengan menggunakan tali yang terbuat dari ijuk.

            Tujuan dari pelatihan ini adalah menumbuhkan kembali minat para pecinta anggrek di wilayah Kabupaten Bantul dan dapat terbentuk sebuah asosiasi anggrek. Diharapkan dengan adanya asosiasi anggrek akan lebih mudah dalam akses informasi ataupun pembinaanya. Dan pada akhirnya akan meningkatkan nilai tambah yang besar bagi masyarakat Kabupaten Bantul khususnya pecinta anggrek. (Ash)