Berita

Pelatihan Pembuatan Pakan Alami, Upaya Mendukung Peningkatan Produksi Benih

Rabu Legi, 11 Maret 2020 15:46 WIB 177

foto
Para peserta pelatihan sedang praktek membuat media sekaligus pakan alami. (Foto : Titih)

                Usaha perikanan budidaya dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan berwirausaha yang sangat menjanjikan. Budidaya ikan tidak hanya sebatas pada pembesaran saja, usaha pembenihan saat ini justru menjanjikan untung yang lebih besar. Permintaan benih yang cukup tinggi dari dalam maupun luar kabupaten menjadi alasan usaha ini banyak di lirik oleh masyarakat. Berdasarkan hasil wawancara dengan para pembenih, salah satu tantangan dalam menyediakan benih adalah ketersediaan pakan alami yang seringkali menurun pada musim-musim tertentu. Selain itu, harganya yang mahal juga menjadi kendala dalam berusaha.

              Dalam upaya mendukung ketersediaan benih yang cukup serta mengatasi permasalahan yang ada, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Pakan Alami. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu Pokdakan yang ada di Kecamatan Kasihan pada tanggal 09 hingga 11 Maret 2020. Peserta pelatihan berjumlah 20 orang berasal dari beberapa kelompok yang ada di wilayah Kecamatan Kasihan, Bantul, Sewon, Pandak, dan Banguntapan. Ibu Senny Helmiati, S.Pi., M.Sc. salah satu dosen ahli Fish Nutrition dari Departemen Perikanan, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada didatangkan khusus untuk menjadi narasumber dalam acara ini. Pada hari pertama dan kedua dilakukan penyampaian materi oleh narasumber terkait budidaya pakan alami yaitu Magot, Tubifex sp, dan Daphnia (Kutu Air). Sedangkan pada hari ketiga dilakukan kegiatan praktek pembuatan media sekaligus budidaya pakan alami tersebut.

            Dari pelatihan ini diharapkan, para pembudidaya khususnya pembenih dapat mencukupi kebutuhan pakan alami secara mandiri sehingga peningkatan produksi benih di Kabupaten Bantul meningkat. (Tth)