Berita

Ditargetkan Menjadi Sentra Perikanan dan Ekowisata, Bupati Bantul Resmikan BBI Pundong

Jumat Pon, 29 November 2019 17:05 WIB 63

foto
Bupati Bantul, Drs. Suharsono meresmikan BBI Pundong, Selasa (26/11). (Foto: Taufik P.)

Balai Budidaya Ikan (BBI) Pundong telah secara resmi dilaunching oleh Bupati Bantul, Drs. Suharsono pada Selasa (26/11). Beralamat di Jl. Parangtritis Km. 17,5, Dusun Derso, Kelurahan Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, D.I.Yogyakarta, BBI Pundong ditargetkan menjadi sentra perikanan yang berkualitas sekaligus sebagai sarana Ekowisata di Kabupaten Bantul. Berada di atas lahan seluas 3,4 ha, BBI Pundong merupakan salah satu unit kerja UPTD BBI Kabupaten Bantul.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul, Ir. Bambang Pin Erwanta menyampaikan selain berfungsi sebagai salah satu unit pelaksana teknis, BBI Pundong juga dapat memberikan pemasukan bagi pendapatan asli daerah dengan membuka fasilitas outbound dan eduwisata mengenai perikanan. Selanjutnya, di BBI Pundong ini juga dilengkapi Pos Kesehatan Ikan Terpadu (Posikandu) yang akan berfungsi untuk melayani masyarakat perikanan yang mengalami kasus penyakit ikan. Masyarakat yang membutuhkan bisa segera melaporkan ke Posikandu, sehingga kasus penyakit ikan dapat segera tertangani dan tidak mengakibatkan kerugian yang lebih besar.

Drs. Suharsono dalam sambutannya menyampaikan harapannya untuk BBI Pundong menjadi suatu kawasan budidaya air tawar yang mampu mengakomodir kebutuhan ruang untuk kegiatan budidaya ikan air tawar dan wisata, dengan menonjolkan nilai-nilai ekologis. Konsep pengembangan BBI Pundong dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan mutu kehidupan dan penghidupan dilakukan secara terpadu meliputi aspek manusia, usaha dan lingkungannya

Selain meresmikan BBI Pundong dan Posikandu, pada kesempatan kali ini Bupati Bantul sekaligus melakukan penyerahan Simbolis Bantuan Alsintan, penyerahan hadiah lomba Evaluasi Pelaku Utama Perikanan dan Kontes Ikan Hias didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan. Untuk Kontes ikan hias telah dilaksanakan sehari sebelumnya diikuti sekitar 200 peserta penghobi ikan hias khususnya ikan cupang. Kontes ikan cupang terdiri dari 10 kategori meliputi halfmoon, serit dan plakat.

Melalui Launching BBI Pundong dan penyerahan sarpras Pertanian Kelautan dan Perikanan ini, dapat dimanfaatkan secarap optimal, berkelanjutan dan berkembang agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan pembudidaya ikan di Bumi Projotamansari. (dp)