Berita

Kemitraan, Salah Satu Strategi Diperpautkan Bantul Atasi Permasalahan Di Bidang Pertanian

Rabu Pahing, 13 November 2019 14:51 WIB 358

foto
Penyerahan Bantuan Benih Padi dari BPTP DIY kepada Ketua Gapoktan Argodadi, Sedayu, Bantul (Foto: NN)

           Kabupaten Bantul merupakan salah satu daerah yang terkena dampak kekeringan akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Dampak kekeringan tersebut dirasakan oleh para petani di Kabupaten Bantul. Kecamatan Sedayu dan Kecamatan Pajangan merupakan salahsatu kecamatan di Kabupaten Bantul yang pada daerah tertentu terjadi kondisi puso terutama pada komoditas tanaman padi. Permasalahan kekeringan ini merupakan tantangan tersendiri bagi Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul.

           Salah satu strategi yang digunakan dalam memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan memperluas jaringan kemitraan dengan berbagai pihak. Dalam hal ini DPPKP Kabupaten Bantul melalui Seksi Perbenihan dan Pengendalian, bekerjasama dengan BPTP DIY memfasilitasi dan mengupayakan sejumlah kelompok tani yang terkena dampak kekeringan agar mendapatkan fasilitas berupa bantuan benih sebagai pengganti tanaman padi yang telah mengalami puso.

           Senin (11/11/2019) bantuan benih tersebut akhirnya dapat diterima oleh kelompok tani yang telah mengusulkan permohonan bantuan kepada BPTP DIY melalui DPPKP Kabupaten Bantul. Bantuan benih padi Varietas Inpari 30/ Ciherang, diserahkan kepada Kelompok Tani Cawan, Cawan, Argodadi, Sedayu dan Kelompok Tani Sedyo Mulyo Triwidadi, Pajangan dengan luasan total 16 Ha dengan volume 400 kg. Rencana tanam benih tersebut pada bulan Desember 2019.

           Diharapkan dengan adanya fasilitas yang diberikan kepada para petani ini mampu mempertahankan produktifitas tanaman padi di Kabupaten Bantul. (DN)