Berita

Diperpautkan Bantul Gelar Festival Olahan Pangan Lokal Tahun 2019

Kamis Wage, 31 Oktober 2019 15:04 WIB 71

foto
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul, Ibu Hj. Erna Kusmawati didampingi Plt. Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. R. Bambang Pin Erwanta, MM serta Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Ir. Siti Nurjanah, M.Si. meninjau salahsatu produk olahan pangan lokal pada acara Festival Olahan Pangan Lokal Tahun 2019. (Foto : Taufik P)

                Pada Rabu, 30 Oktober 2019 Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul mengadakan Festival Olahan Pangan Lokal Tahun 2019 bertempat di Gedung Pertemuan Kompleks Perkantoran Pemda II, Manding, Bantul. Festival Olahan Pangan Lokal ini mengusung tema “Pemanfaatan potensi pangan lokal untuk menciptakan olahan pangan yang berdaya saing”. Agenda acara yang dilaksanakan adalah Lomba Olahan Pangan Lokal yang diikuti dari 17 kecamatan dan masing-masing mengirimkan 3 regu, sehingga terdapat total 51 regu. Lomba olahan pangan lokal yang dilaksanakan adalah kategori snack box. Festival Olahan Pangan Lokal Tahun 2019 juga dimeriahkan oleh asosiasi pasar tani yang menjual produk-produknya, baik produk segar maupun produk olahan pangan lokal.

                Acara dibuka oleh Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Ir. Siti Nurjanah, M.Si. Dilanjutkan dengan acara Lomba Olahan Pangan Lokal. Setelah proses penilaian selesai, dilaksanakan seremonial Festival Olahan Pangan Lokal.

                Plt. Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. R. Bambang Pin Erwanta, MM dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari Festival Olahan Pangan Lokal ini   untuk menumbuhkan inovasi dan  kreasi dari peserta untuk menciptakan olahan dalam bentuk snack box dengan bahan pangan lokal dan tidak menggunakan bahan gandum/ terigu. Selain itu, juga untuk mengangkat pangan lokal yang kini kurang dikenal dan diminati, padahal sebenarnya dengan sentuhan  kreasi dan inovasi dapat menciptakan snack yang menarik. Manfaat selanjutnya, OPD-OPD di Kabupaten Bantul dapat memesan snack box pada pemenang atau peserta lomba sehingga meningkatkan penghasilan dari KWT atau PKK peserta lomba.

                Pada kesempatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul, Ibu Hj. Erna Kusmawati, hadir serta memberikan sambutan dan pengarahan pada Festival Olahan Pangan Lokal tersebut. Dalam sambutannya, Ibu Erna mengapresiasi peserta lomba yang telah berkreasi, serta berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan di tahun-tahun yang akan datang.

                Adapun hasil  Lomba Olahan Pangan Lokal Tahun 2019 sebagai berikut. Juara I diraih oleh KWT Wigati, Muneng, Tirtohargo, Kretek, Juara II diraih oleh KWT Rahayu, Jurug, Bangunharjo, Sewon  dan Juara III diraih oleh KWT Subur Makmur, Potorono, Banguntapan. Diumumkan juga hasil penilaian lomba KWT pemanfaatan pekarangan dan pendamping KWT tahun 2019 yang telah dilakukan pada bulan September dan Oktober 2019. Untuk Lomba KWT pemanfaatan pekarangan, Juara I diraih KWT Wigati, Muneng, Tirtohargo, Kretek, Juara II diraih oleh KWT Sumber Rejeki, Muntuk, Muntuk, Dlingo, dan Juara III diraih oleh KWT Karya Boga, Dukuh, Sabdodadi, Bantul. Sedangkan untuk Pemenang Lomba Pendamping KWT adalah Kiswanta, A.Md (Juara I), Poniman, A.Md (Juara II), dan Tasiatun Rahmawati, STP (Juara III). Seluruh pemenang berhak mendapat piagam penghargaan dan uang pembinaan. (MK)