Berita

Bupati Bantul Panen Ikan dan Padi Sistem Minapadi

Senin Kliwon, 7 Oktober 2019 11:23 WIB 55

foto
Bupati Bantul panen ikan sistem Minapadi di Nglebeng, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Foto: Taufik Prihantoro

Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono memimpin kegiatan panen ikan dan padi dengan sistem budidaya Minapadi di Dusun Nglebeng, Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul pada Jumat (04/10). Budidaya sistem Minapadi di Kab. Bantul dilaksanakan di Kelompok Tani Dwi Manunggal bekerjasama dengan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul. Kegiatan yang dimulai sejak awal Agustus ini merupakan program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB). Pada tahun 2019, DJPB memberikan bantuan ke Bantul berupa paket bantuan minapadi seluas 15 ha.

Minapadi sendiri merupakan usaha budidaya ikan di sawah yang dilakukan secara bersamaan dengan tanaman padi dalam suatu areal yang sama. Dengan kata lain sambil menyelam minum air, usaha padi lancar, budidaya ikan pun lancar. Penyuluh Perikanan Kecamatan Banguntapan, Sulistyatmoko menyampaikan bahwa dengan sistem ini petani selain mendapat hasil lebih banyak, dapat memanen ikan yang dibudidaya. Menurutnya ikan jenis nila yang dibesarkan di sawah tersebut bukan hanya sebagai penunjang pemanfaatan lahan. Namun juga dapat membantu pertumbuhan padi. Nila akan memakan hama sehingga petani tidak perlu melakukan penyemprotan pestisida. Selain itu pemupukan juga hanya dilakukan cukup sekali dari mulai tanam hingga panen. Kotoran ikan dinilai dapat memberikan nutrisi tambahan bagi tanaman, sehingga dapat berkembang dengan lebih baik. 

Beberapa manfaat yang diperoleh dari budidaya ikan sistem minapadi yaitu:

  1. Produktivitas padi meningkat. Perbandingan hasil panen padi dengan sistem minapadi dan sistem biasa yaitu 11,647 : 9,55 ton;
  2. Hama padi berkurang;
  3. Pemupukan cukup sekali yang biasanya dibutuhkan 2-3 kali pemupukan;
  4. Tidak perlu menyorok padi secara rutin;
  5. Memperoleh pendapatan tambahan selain dari panen padi juga dari hasil panen ikan;
  6. Ikan mendapat tambahan pakan alami sehingga dapat mengurangi biaya pakan. (dp)