Berita

Kembali Diadakan, Pelatihan Budidaya Ikan Gurami

Jumat Pahing, 30 Agustus 2019 16:59 WIB 22

foto

Guna mendukung peningkatan produktivitas perikanan budidaya di Kabupaten Bantul khususnya ikan gurami, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) Kabupaten Bantul menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Ikan Gurami. Pelatihan berlangsung selama 3 (tiga) hari pada Senin sd. Rabu (26 sd. 28 / 08), bertempat di Balai Desa Gadingsari, Sanden, Bantul, dengan jumlah peserta 25 orang. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Camat Sanden yang menyampaikan tujuan dari diadakannya pelatihan adalah untuk menggugah motivasi bagi pelaku usaha budidaya gurami ataupun masyarakat umum yang ingin memulai kegiatan budidaya ikan gurami, baik kegiatan pembenihan, pendederan, maupun pembesaran.

Mendatangkan narasumber salah satu praktisi budidaya ikan gurami di Kabupaten Bantul, Sunarto, menyampaikan teknis cara budidaya ikan gurami. Disampaikan materi mulai dari cara pemilihan induk yang baik, bagimana cara budidaya hingga bagaimana memanen hasilnya. Sunarto yang merupakan salah satu pencetus berdirinya Kampung Gurami di Kergan, Tirtomulyo, Kretek menyampaikan jika pada dasarnya ikan gurami merupakan salah satu komoditi budidaya yang mudah dipelihara. Gurami dapat hidup di kolam tanah pun dengan kondisi air yang tidak mengalir. Gurami dapat diberi pakan alami maupun buatan. Pakan alami yang dapat diberikan antara lain plankton, artemia serta dedaunan hijau seperti daun talas, daun sente dan daun pepaya. Sedangkan untuk pakan buatannya gurami diberikan pelet.

Hari ketiga pelatihan, Herman Sunarto selaku Penyuluh Perikanan di Kecamatan Sanden menyampaikan materi mengenai Kelembagaan Kelompok Perikanan. Dalam penyampaiannya, para peserta pelatihan baiknya membentuk kelompok guna memudahkan kegiatan budidaya baik secara teknis maupun non teknis. Karena dengan berkelempok resiko pekerjaan ditanggung bersama, sumber lebih banyak, kelemahan individu dapat teratasi oleh kelompok dan kemampuan pemecahan masalah dapat lebih akurat. (dp)