Berita

Persiapan Menjelang Idul Adha 1440 H, Diperpautkan Bantul Gelar Bimtek Pemotongan Hewan Kurban Bagi Takmir

Senin Pahing, 5 Agustus 2019 15:33 WIB 48

foto
Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Drs. Helmi Jamharis, MM bersama Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Joko Waluyo, S.Pt, M.Sc dan Narasumber dari Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Foto : Taufik P

                 Dalam rangka persiapan menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemotongan Hewan Kurban Bagi Takmir pada hari Kamis, 1 Agustus 2019 bertempat di Ruang Rapat Pari Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul. Bimtek ini diikuti oleh 100 orang takmir masjid yang berasal dari seluruh wilayah di Kabupaten Bantul. Pembekalan/bimtek bagi takmir diperlukan untuk mendukung terciptanya daging yang ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal). Terwujudnya produk daging kurban yang ASUH tidak terlepas dari aspek kesehatan dan kesejahteraan ternak serta syariat Islam.

                Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Drs. Helmi Jamharis, MM yang pada kesempatan ini secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemotongan Hewan Kurban Bagi Takmir serta secara simbolis menyerahkan bantuan berupa sarana prasarana pemotongan (pisau dan terpal) kepada takmir.

                Acara dilanjutkan dengan pembekalan/ bimtek yang disampaikan oleh narasumber dari Kementerian Agama Kabupaten Bantul yang pada kesempatan ini menyampaikan materi tentang penyembelihan hewan kurban yang sesuai dengan syariat Islam.

                Diharapkan dengan adanya kegiatan ini pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dapat berjalan dengan lancar dengan menjunjung aspek kesehatan dan kesejahteraan hewan serta syariat Islam. (Nr)