Berita

Penebaran Benih Ikan Nila Merah pada Kegiatan Mina Padi di Kabupaten Bantul

Jumat Wage, 2 Agustus 2019 16:29 WIB 798

foto

Hari jumat pagi tanggal 2 Agustus 2019 pukul 7.30 Kelompok Dwi Manunggal melakukan penebaran benih ikan Nila merah di Sawah dusun Nglebeng, Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Banguntapan, Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Lurah Desa Tamanan, Dukuh Dusun Nglebeng beserta Penyuluh Perikanan Kecamatan Banguntapan.

Salah satu program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia Tahun 2019 di Kabupaten Bantul adalah Budidaya Ikan Sistem Minapadi. Mina padi merupakan salah satu sistem budidaya ikan di sawah yang memiliki banyak keuntungan baik dari segi pakan dan pupuk. Ikan dapat mencari banyak pakan alami atau hama yang berada di sawah sehingga mampu menekan biaya pakan. Kemudian kotoran ikan juga bisa menjadi pupuk alami untuk kesuburan padi dan tanah.

Tahun 2019 Kabupaten Bantul merupakan satu-satunya kabupaten yang mendapatkan program Mina Padi dari KKP di Daerah Istimewa Yogyakarta. Petani yang tergabung dalam kelompok Dwi Manunggal mendapat bantuan Mina Padi untuk dilaksanakan di lahan sawah seluas 15 hektar. Bantuan mina padi untuk kelompok Dwi Manunggal terdiri dari total 2.400 kg benih ikan nila merah ukuran 6-8 cm, pakan ikan sebanyak 15 ton, beserta sarana pendukung seperti caren, jaring dan ember. (AYA)