Berita

Hari Pertama Masuk Kerja, Diperpautkan Bantul Gelar Syawalan dan Halal Bil Halal

Selasa Pahing, 11 Juni 2019 14:44 WIB 124

foto
Acara Syawalan dan Halal Bil Halal di R.R. Pari Diperpautkan Bantul (foto : Taufik P)

            Dalam rangka mempererat tali silaturahmi pegawai PNS maupun non PNS di lingkungan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul,  digelar acara Syawalan dan Halal Bil Halal bertempat di Ruang Rapat Pari Diperpautkan Bantul, pada Senin, 10 Juni 2019.   Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun pada hari pertama masuk kerja sekaligus menjadi sarana saling memaafkan antar pegawai PNS maupun non PNS di lingkungan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1440 H.

            Acara diawali dengan pembacaan gema wahyu illahi oleh drh. Sufiyati dan drh. Titih Wahyaningtyas dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc dan pembacaan ikrar syawalan yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas, Ir. R. Bambang Pin Erwanta, MM.

            Pada acara Syawalan dan Halal Bil Halal ini, disampaikan tausiyah oleh Bapak Muhammad Daroini, S.Pd. (SLB Negeri 1 Bantul). Dalam tausiyahnya disampaikan, sebagai pengajar di SLB Negeri 1 Bantul, beliau  menyampaikan betapa pentingnya rasa syukur atas kenikmatan dan karunia yang Allah berikan kepada kita semua. Namun demikian ada saudara kita yang memerlukan perhatian khusus. Walaupun demikian anak yang berkebutuhan khusus tersebut diberikan potensi-potensi oleh Allah SWT yang tidak dimiliki oleh kita.

            Disampaikan juga tentang makna dari lebaran khususnya di Jawa. Lebaran dimaknai dengan membuat dan menyajikan kupat. Yang berarti ngaku lepat. Yaitu mengakui kita sebagai manusia senantiasa mempunyai kesalahan terhadap orang lain. Disamping juga kesalahan kepada Allah SWT. Terkait dengan dosa kesalahan dan kesalahan kepada manusia maka hanya manusia itu sendiri yang memberikan ampunan.

            Lebaran mempunyai arti ; lebar, lebur, labur, luber yang secara umum diartikan bahwa telah selesai kita mensucikan diri kemudian menghapus dosa dan kesalahan dan menjadikan kembali suci serta memberikan kemanfaatan kepada orang lain.

            Acara diakhiri dengan doa dan jabat tangan oleh seluruh pegawai PNS maupun non PNS di lingkungan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul. (MAH)