Berita

Lagi, DPPKP Bantul Selenggarakan Sekolah Lapang Perikanan Budidaya

Rabu Wage, 24 April 2019 16:34 WIB 387

foto

Dalam rangka meningkatkan tidak hanya produksi dan produktivitas ikan melalui pemanfaatan lahan pekarangan kurang produktif, namun juga kesejahteraan pembudidaya ikan di Kabupaten Bantul, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul kembali menyelenggarakan Sekolah Lapang Perikanan Budidaya dengan menggunakan media kolam bulat pada tahun 2019 ini. Melalui sekolah lapang ini, pembudidaya ikan di Kabupaten Bantul diajak untuk mengupayakan alih fungsi lahan pekarangan kurang produktif menjadi media budidaya ikan produktif khususnya lele dengan teknik budidaya ramah lingkungan, mudah diaplikasikan, dan tentu saja hemat lahan dan air.

Sekolah lapang yang dikemas dalam 2 metode yaitu klasikal dan praktek -praktek percontohan dan praktek mandiri- ini diselenggarakan dalam 5 tahap selama 3 bulan (Maret s.d. Mei 2019). Pelaksanaan 5 tahap sekolah lapang di lokasi masing-masing Kelompok Pembudidaya Ikan (pokdakan) peserta tersebut disesuaikan dengan tahapan budidaya ikan mulai dari konstruksi kolam bulat, penyiapan air sebelum tebar benih, tebar benih, masa pemeliharaan ikan, hingga panen. Pada setiap tahapan sekolah lapang, peserta dan instruktur saling berdiskusi sesuai dengan materi pada tahapan yang bersangkutan kemudian melakukan praktek percontohan sesuai dengan alat dan bahan percontohan yang tersedia pada tahapan yang sedang dilaksanakan. Di luar waktu pelaksanaan sekolah lapang 5 tahap pun, peserta sekolah lapang melaksanakan praktek mandiri dalam rangka mencapai target tiap tahapan sekolah lapang.

April 2019, sekolah lapang yang diikuti oleh 6 pokdakan di Kabupaten Bantul ini sudah memasuki tahapan ke – 4 yaitu tebar benih, sementara tahapan ke – 5 sekolah lapang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2019 dengan materi panen dan pasca panen. Pasca tahapan ke – 4, pokdakan peserta sekolah lapang akan melaksanakan praktek mandiri budidaya (pembesaran) ikan lele sesuai dengan arahan instruktur sekolah lapang yang sudah diberikan sebelumnya.

Strategi pengembangan perikanan budidaya melalui sekolah lapang ini diharapkan dapat mewujudkan masyarakat Bantul yang SEHAT, CERDAS, & SEJAHTERA sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Bantul. (KaJe)