Berita

Sekolah Lapang Sayuran Cabai Merah, Upaya Jitu Tingkatkan Ilmu dan Peluang Usaha Petani

Selasa Legi, 12 Maret 2019 14:04 WIB 43

foto
Para Peserta Sekolah Lapang (SL) Sayuran Cabai Merah sedang praktek membuat bibit cabai merah (foto : Crisna)

            Cabai merupakan kebutuhan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, selain untuk kebutuhan untuk konsumsi atau diolah sebagai bumbu masakan cabai juga digunakan sebagai bahan baku industri seperti pembuatan saos, bumbu siap saji dan bumbu pelengkap mie instan. Tingginya permintaan masyarakat akan cabai selalu meningkat tiap tahunnya tetapi belum diimbangi oleh produksi cabai nasional, selain itu harga cabai juga sering mengalami kenaikan fantastis, bahkan pada saat-saat tertentu harga cabai bisa menyentuh kisaran harga Rp.50.000 – Rp.60.000/ kg.

            Sebagian besar petani cabai di Kabupaten Bantul masih membeli bibit di luar Bantul, adapun bibit yang dibeli belum ada jaminan merupakan bibit yang sehat. Virus kuning (pepper yellow leaf curl) atau virus Gemini menyebabkan daun cabai mengecil dan berwarna kuning terang, tulang daun memutih dan daun mengeriting ke arah atas. Virus ini ditularkan oleh serangga vector jenis kutu putih atau kutu kebul (Bemisia tabaci).  Jika tanaman terserang pada umur muda, biasanya tanaman menjadi kerdil dan tidak berbuah, virus ini memang tergolong bandel dan sulit dimatikan, sehingga tindakan paling tepat adalah melakukan upaya pencegahan. Salah satu upaya pencegahan adalah dengan membuat bibit sendiri melalui Sekolah Lapang (SL) Sayuran Cabai Merah.

            Sekolah Lapang (SL) Sayuran Cabai Merah Tahun 2019 ini dilaksanakan di tiga Kecamatan, yaitu Karangploso, Sitimulyo (Kecamatan Piyungan), Gunung Puyuh, Panjangrejo (Kecamatan Pundong) dan Cetan, Srigading, (Kecamatan Sanden).

            Tujuan Sekolah Lapang (SL) Sayuran Cabai Merah ini adalah untuk menambah ilmu, meningkatkan pendapatan dan menambah peluang usaha bagi petani di bidang pembibitan cabai merah. Peserta Sekolah Lapang (SL) akan mendapatkan teori mengenai pembibitan cabai merah dilanjutkan dengan praktek cara membuat sungkup dan membuat bibit yang baik, dimulai dari media pesemaian dan perlakuan benih. (CSD)