Berita

Kunjungan Regu Pengendali Tanaman (RPT) se-Kabupaten Bantul ke Taman Teknologi Pertanian Pacitan

Senin Legi, 25 Februari 2019 15:41 WIB 306

foto
Kunjungan Regu Pengendali Tanaman (RPT) se-Kabupaten Bantul ke Taman Teknologi Pertanian Pacitan (foto : Crisna)

            Dalam rangka menambah wawasan serta ilmu mengenai teknologi pertanian Regu Pengendali Tanaman (RPT) se-Kabupaten Bantul didampingi oleh Kepala Bidang TPHB, Kasi Perlindungan Tanaman dan Perbenihan, Koordinator POPT Kabupaten Bantul, beserta staf TPHP melaksanakan kunjungan ke Taman Teknologi Pertanian (TTP) di Jl. Raya Tompak Rinjing, Mudah, Ngadirejan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

            Rombongan berangkat dari DPPKP Kab. Bantul pada hari Sabtu, tanggal 23 Februari 2019, pukul 07.00 WIB sampai lokasi pukul 10.00, pertemuan dan penjelasan dilakanakan di aula TTP oleh Pengurus TTP.

            Taman Teknologi Pertanian (TTP) Pacitan ini terletak pada areal lahan aset Pemerintah Kabupaten Pacitan seluas 6,8 ha, dengan wilayah bukit berbatu dan tandus, dan hanya miliki 15 orang karyawan, sehingga TTP Pacitan sesuai sebagai sarana untuk percontohan dalam mensosialisasikan inovasi teknologi yang telah dihasilkan Kementerian Pertanian untuk mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah. Diharapkan TTP Pacitan mampu meningkatan produksi pertanian dengan mengaplikasikan inovasi teknologi yang telah dihasilkan Kementan

            Di TTP Pacitan RPT dapat melihat sekaligus belajar penerapan teknologi pertanian dengan komoditas antara lain Jeruk Terigas, Keprok Madura, Keprok Tejakula, Siem Madu dan Manis Pacitan. Kemudian penerapan teknologi dalam peternakan yaitu sapi PO dan tanaman pangan antara lain padi, jagung dan aneka kacang dan umbi-umbian

            TTP merupakan wadah untuk mendiseminasikan hasil-hasil inovasi teknologi sekaligus penerapannya untuk dapat dipraktekkan masyarakat petani sehingga dapat diaplikasikan dalam mengelola usaha taninya untuk dapat lebih meningkat hasil produksinya.

            Di TTP Pengunjung juga bisa memetik dan membeli langsung hasil pertanian yang ada disini, serta pengunjung bisa membeli dan melihat pengolahan hasil pertanian disini yang diolah menjadi berbagai macam makanan ringan, oleh-oleh, minuman dan lain sebagainya. Selain dapat membeli hasil olahan pertanian, pengunjung juga diperbolehkan membeli bibit tanaman yang disediakan di lokasi ini. (CSD)