Berita

Workshop Pengembangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Upaya Tingkatan Produksi, Produktivitas dan Mutu Hasil Pertanian TPHB di Kabupaten Bantul

Senin Legi, 25 Februari 2019 10:18 WIB 298

foto
Kepala DPPKP Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc bersama narasumber dari BPTP DIY, Fakultas Teknologi Pertanian UGM serta UPTD LPHP Dinas Pertanian dan KP DIY (foto : tirta)

            Pada Rabu, 13 Februari 2019 lalu bertempat di RM Ingkung Kuali 4 Kalakijo Guwosari Pajangan Bantul Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul melaksanakan Workshop Pengembangan TPHB Kegiatan Peningkatan Produksi Pertanian/Perkebunan Berkelanjutan DPPKP Bantul Tahun 2019. Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah adanya komitmen antara Pemerintah dan masyarakat serta stake holder dalam mewujudkan program swasembada pangan, tersosialisasinya teknologi-teknologi dalam pengembangan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan di Kabupaten Bantul, meningkatkan realisasi tanam Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan dari target yang sudah ditentukan, meningkatkan Produksi, Produktivitas dan Mutu Hasil Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan di Kabupaten Bantul serta adanya masukan dari berbagai pihak terkait upaya-upaya dalam mewujudkan program Swasembada Pangan.

            Workshop ini diikuti kurang lebih oleh 95 peserta yang berasal dari Penyuluh BPP, Petugas Analis Data, POPT, DPPKP, Kodim, BPTP, BPS, Penyuluh, Bappeda Bantul, Gapoktan, Kelompok Tani, KWT, Taruna Tani, Tim Teknis Perkebunan serta Tim Pendamping Tajarwo. Workshop Pengembangan TPHB difokuskan pada teknologi budidaya sampai dengan penanganan pasca panen Padi, jagung, kedelai, bawang merah, cabai, pisang kakao.

            Acara dibuka dan dilanjutkan pengarahan  oleh Kepala DPPKP Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc dilanjutkan penyampaian materi oleh narasumber dari BPTP DIY, Ir. Joko Pramono, MP tentang materi “Pengembangan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Budidaya Tumpangsari) dalam Upaya Mewujudkan Swasembada Pangan”, dari Fakultas Teknologi Pertanian UGM tentang materi “Pengolahan dan Pengemasan Produk Pertanian dalam rangka Pengembangan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan serta dari UPTD LPHP Dinas Pertanian dan KP DIY tentang materi “Budidaya Akrab Lingkungan dalam rangka Peningkatan Produksi TPHB”. (Is)