Berita

RPT Siap, Hama Lenyap

Selasa Pon, 12 Februari 2019 22:46 WIB 122

foto
Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc memberikan arahan kepada para peserta Workshop Pengendalian OPT (foto : Crisna)

         Sesuai dengan UU No.12 tahun 1992 tentang budidaya tanaman, bahwa perlindungan tanaman dilaksanakan dengan sistem pengendalian hama terpadu (PHT), sedangkan pelaksanaan perlindungan tanaman menjadi tanggung jawab masyarakat dan pemerintah. Petani sebagai pemilik lahan berkewajiban mengendalikan OPT di lahannya.

         RPT terdiri dari petani yang telah dilatih tentang konsep PHT (Pengendalian Hama Terpadu) yang bertugas sebagai pengamat dan pelopor pengendalian serangan organisme pengganggu tanaman di areal tanaman budidaya. RPT dalam melaksanakan tugas dan fungsinya bekerjasama dengan PPOPT (Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman) di masing-masing Kecamatan dan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul.

         Pada Kamis, 7 Februari 2019 lalu, dilaksanakan Workshop Pengendalian OPT bertempat di Rumah Makan Parangtritis, Jl. Parangtritis, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Maksud dari pelaksanaan workshop ini adalah untuk menambah informasi dan pengetahuan bagi RPT (Regu Pengendali Tanaman) mengenai perkembangan hama dan penyakit tanaman sehingga diharapkan RPT mampu melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik dalam melindungi tanaman budidaya untuk berproduksi secara optimal. Peserta workshop ini adalah para petani yang bergabung sebagai RPT (Regu Pengendali Hama Tanaman) se-Kabupaten Bantul.

          Narasumber dalam workshop ini antara lain dosen Pertanian UGM yang membidangi ilmu hama dan penyakit tanaman yaitu Prof. Dr. Ir. Achmadi Priyatmojo, M.Sc dan Dr. Suputa, SP, MP, serta dari LPHP UPTD BPTP DIY yaitu Ir. Paryoto, MP dan Widodo, SP, M.Sc selaku koordinator POPT Kabupaten Bantul. (CSD)