Berita

BULELARANG, Pacu Produksi Ikan di Bantul

Jumat Wage, 30 November 2018 12:33 WIB 37

foto

BULELARANG -Budidaya Lele di Lahan Pekarangan- merupakan salah satu strategi pengembangan perikanan budidaya yang dipilih oleh Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul untuk meningkatkan tidak hanya produksi ikan melalui pemanfaatan lahan pekarangan kurang produktif, namun juga kesejahteraan pembudidaya ikan di Kabupaten Bantul. BULELARANG ini mengupayakan alih fungsi lahan pekarangan kurang produktif menjadi media budidaya ikan produktif khususnya lele dengan teknik budidaya ramah lingkungan, mudah diaplikasikan, dan tentu saja hemat lahan dan air.

Strategi ini diwujudkan dalam sebuah pelatihan yang dilaksanakan secara klasikal selama 4 hari (26 – 29 November 2018) di DPPKP Kabupaten Bantul. Pasca pelatihan klasikal, peserta pelatihan juga mendapat materi praktek pembuatan kolam budidaya lele di lahan pekarangan oleh Bapak Sunarto selaku instruktur pelatihan di lokasi peserta pelatihan masing-masing. Bahan praktek pelatihan berupa kolam, pakan, dan benih ikan lele merupakan embrio dari strategi pengembangan perikanan budidaya ini yang diharapkan dapat berkembang dan berkelanjutan tidak hanya di lingkup peserta pelatihan tetapi juga di lingkup masyarakat Bantul secara umum.

Pelatihan yang diikuti oleh 12 kelompok pembudidaya ikan di Kabupaten Bantul ini dibuka oleh Ir. Pulung Haryadi, M.Sc selaku Kepala DPPKP Kabupaten Bantul pada Senin, 26 November 2018. Selain membuka, beliau juga memberikan pengarahan terkait Kebijakan Pembangunan Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Bantul. “Strategi pengembangan perikanan budidaya melalui pelatihan BULELARANG ini sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Bantul dalam mewujudkan masyarakat Bantul yang SEHAT, CERDAS, & SEJAHTERA”, ujar Ir Pulung Haryadi, M.Sc dalam pengarahannya. (KaJe)