Berita

Workshop Pola Pangan Harapan Kabupaten Bantul 2018

Rabu Legi, 7 November 2018 16:41 WIB 95

foto
Kepala Diperpautkan Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc membuka sekaligus memberikan pengarahan kepada peserta workshop PPH 2018 (Foto : Taufik P)

                Pola Pangan Harapan (PPH) atau Desirable Dietary Pattern (DDP) adalah susunan keragaman pangan yang didasarkan pada sumbangan energi dari kelompok pangan utama pada tingkat ketersediaan maupun konsumsi pangan. PPH merupakan instrumen untuk menilai situasi konsumsi pangan wilayah yang dapat digunakan untuk menyusun perencanaan kebutuhan konsumsi pangan ke depan, dengan mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, budaya dan preferensi konsumsi pangan masyarakat. Selain itu, PPH juga dapat dijadikan acuan untuk menentukan sasaran dalam perencanaan dan evaluasi penyediaan khususnya produksi pangan.

                Dalam rangka mendukung Pola Pangan Harapan (PPH) tahun 2018 Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan kabupaten Bantul bekerjasama dengan petugas gizi dari Puskesmas se-Kabupaten Bantul serta Dinas Kesehatan Bantul melaksanakan Workshop Pola Pangan Harapan (PPH) pada Rabu, 7 November 2018 bertempat di Rumah Makan Parangtirtis, Bantul.

                Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc sekaligus pengarahan tentang kebijakan Ketahanan Pangan di Kabupaten Bantul, kemudian dilanjutkan materi tentang “Pemanfaatan Pekarangan mendukung Pola Pangan B2SA”,  oleh Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Ir. Siti Nurjanah, M.Si, materi “Program Gizi seimbang untuk mengatasi Stunting di Kabupaten Bantul” oleh Dinas Kesehatan Bantul, dan materi “Analisa Pola Pangan Harapan (PPH) Kabupaten Bantul Tahun 2018” oleh Analis Ketahanan Pangan, Irlantoro, S.TP. Acara ini diikuti oleh Petugas Gizi yang berasal dari Puskesmas se-Kabupaten Bantul, Analis Ketahanan Pangan Kabupaten Bantul serta Petugas Pengolah Data PPH. (TP)

 

Sumber referensi : http://dkpp.jabarprov.go.id/program-aksi/pola-pangan-harapan/