Berita

Gerakan Panen Kedelai di Kelompok Tani Trasklodas, Sedayu, Bantul

Rabu Wage, 31 Oktober 2018 10:24 WIB 507

foto
Gerakan Panen Kedelai di Kelompok Tani Trasklodas, Sedayu, Bantul. (Foto : Asih)

               Pada Selasa, 30 Oktober 2018 kemarin, dilaksanakan Gerakan Panen Kedelai Bantuan Pemerintah Kegiatan Fasilitasi Penerapan Budidaya Kedelai bertempat di Kelompok Tani Trasklodas, Dusun Selogedong, Argodadi, Sedayu, Bantul dengan luas areal panen 16 ha (khusus KT. Trasklodas) dan untuk Kelompok Tani se-Desa Argodadi yang mendapatkan Bantuan Pemerintah seluas total 39 ha. Varietas kedelai yang dipanen adalah Varietas Grobogan dengan hasil ubinan kedelai sebanyak 1,7 ton/ha. Kedelai yang dipanen ini benihnya berlabel ungu, sehingga hasil panennya masih bisa dijadikan bibit. Oleh karena itu Kelompok Tani Trasklodas didampingi BPP Kecamatan Sedayu mendaftarkan benih  ke Balai Sertifikasi Benih Pertanian DIY.

                Kegiatan panen kedelai ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian DIY yg diwakili oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian DIY, Ibu Yektiningsih, Kepala BPTP DIY, Dr. Ir. Joko Pramono MP, Balai Sertifikasi Benih Pertanian DIY, Sekretaris Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. R. Bambang Pin E, MM, Camat Sedayu, Lurah Desa Argodadi, Danramil Kecamatan Sedayu, Polsek Sedayu dan UD Lima Bersaudara Lendah Kulon Progo (penyedia benih kedelai).

                Ketua Kelompok Tani Trasklodas, Bapak Umardani menyatakan terima kasih kepada Dinas Pertanian DIY dan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul yang sudah memberikan bantuan Fasilitasi Penerapan Budidaya Kedelai di Kelompok Tani Trasklodas. Kendala yang dihadapi Kelompok Tani Trasklodas adalah ketersediaan air, Kelompok Tani berharap Pemerintah memberikan bantuan berupa embung untuk mengatasi kesulitan ini. (Ash)