Berita

Ajak Pengunjung Praktek Sambung Pucuk, Stand UPT BPP Meriah

Jumat Wage, 26 Oktober 2018 08:40 WIB 461

foto
Antusiasnya pengunjung Stand UPT BPP di Gelar Teknologi HPS 2018 (Foto : Rohmat)

                Dengan mengusung tagline “Meningkatkan Nilai Tambah melalui Inovasi Teknologi Perbanyakan Tanaman”, UPTD Balai Pelaksana Penyuluhan (BPP) ikut menyemarakkan gelaran kegiatan pameran peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul tahun 2018. Peringatan HPS kali ini dilaksanakan di Balai Budidaya Ikan (BBI) Pundong di Jalan Parangtritis KM 17,5 Pundong Bantul.

                Sesuai dengan tagline, UPTD menampilkan berbagai macam teknik perbanyakan tanaman, terutama perbanyakan tanaman secara vegetatif. Secara umum, ilmu ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat, tetapi belum semua masyarakat yang terampil melaksanakan sendiri. UTPD ingin dengan adanya pameran ini, pengunjung bisa praktek sambung pucuk sehingga bisa melakukan perbanyakan sendiri di rumahnya masing-masing. Keuntungan perbanyakan tanaman secara vegetatif antara lain sifatnya seperti induknya, lebih cepat berbunga, dan dapat menggabungkan berbagai sifat yang diinginkan. Tanaman yang ditampilkan adalah durian dengan sambung susu, cangkok buah tin, teknik merunduk stroberi, sambung pucuk manggis dan jambu air, stek buah kelor, dan masih banyak tanaman lainnya.

                Sebagai UPTD yang baru dibentuk pada pertengahan tahun 2018, UPTD BPP ingin memperkenalkan kepada masyarakat pertanian Kabupaten Bantul bahwa UPTD BPP siap mendukung peningkatan produksi pangan melalui penguatan peran teknologi. Hal ini sesuai dengan tema besar peringatan HPS tahun ini yaitu “Peran Teknologi Pertanian dalam Peningkatan Teknologi Pangan”.

                Tentu saja, karena UPTD BPP merupakan UPTD dengan salah satu fungsinya menyelenggarakan penyuluhan, maka saat pameran berlangsung, pengunjung diajak praktek langsung untuk melakukan perbanyakan tanaman dengan cara sambung pucuk tanaman jambu. Hal ini menarik minat pengunjung untuk berkerumun di depan stand UPTD BPP untuk melihat demonstrasi sambung pucuk, serta bisa praktek langsung dan ingin memahami teknik perbanyakan tanaman lainnya.

                Untuk memudahkan pengunjung dalam memahami teknik perbanyakan, dalam setiap tanaman diberi keterangan teknik perbanyakan yang dilakukan dan adanya relawan dari Komunitas Tanam Lestari yang menjelaskan dan melaksanakan praktek sambung pucuk.(Rht)