Berita

Pre Construction Meeting (PCM) Pembangunan Cold Storage 30 Ton dan Air Blast Freezer 4 Ton Di Pelabuhan Perikanan Pantai Sadeng

Senin Kliwon, 22 Oktober 2018 11:59 WIB 703

foto
Rapat Persiapan Pelaksanaan Kontrak (PCM) Pembangunan Cold Storage di Kantor PPP Sadeng Gunungkidul (Foto : Fakhrudin Al Rozi)

                Usaha penangkapan ikan di DIY telah dilakukan di 20 lokasi pendaratan ikan. Di Kabupaten Kulon Progo lokasi pendaratan ikan terdapat di Pantai Congot, Glagah, Karangwuni, Bugel, dan Trisik. Di Kabupaten Bantul terdapat di Pantai Pandansimo, Kuwaru, Samas, Goa Cemara, dan Depok. Lokasi pendaratan ikan di Kabupaten Gunung Kidul terdapat di pantai Gesing, Ngrenehan, Baron, Kukup, Drini, Krakal, Sundak, Siung, Wediombo, dan Sadeng. Selama periode produksi dari Tahun 2004 – 2011, produksi perikanan laut berfluktuasi dan sangat dipengaruhi oleh faktor cuaca dan iklim. Kondisi cuaca yang buruk menyebabkan gelombang laut selatan menjadi tinggi sehingga terpaksa nelayan di beberapa daerah tidak melaut. Disamping itu, sarana penangkapan ikan juga masih terbatas baik dari sisi armada penangkapan maupun alat tangkap perikanan yang ada. Diantara lokasi pendaratan yang ada, saat ini hanya PPP Sadeng Gunungkidul yang bisa dijadikan sebagai lokasi pendaratan kapal > 30 GT sehingga operasional Kapal Perikanan dari Kabupaten lain seperti KMN. Inka Mina 646 yang dikelola oleh Koperasi Inka Bantul VII Projo Mino dalam menjalankan aktivitas usahanya bersandar di PPP Sadeng, Songbanyu, Girisubo, Gunungkidul.

              Sehubungan dengan akan dibangunnya Cold Storage dan Air Blast Freezer di PPP Sadeng, pada tanggal 19 Oktober 2018 lalu diadakan pre construction meeting (PCM) yang dihadiri oleh penyedia konstruksi, PPK, tim teknis, konsultan perencana, konsultan pengawas, perwakilan masyarakat setempat, serta Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP). Acara yang dihadiri Kasi Penyimpanan Direktorat Logistik KKP; Edi Sukardono, S.Sos, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY; Ir. Bayu Mukti Sasongka M.Si, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul; drh Krisna Berlian tersebut bersepakat agar cold storage yang dibangun dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk menunjang kegiatan penangkapan dan penyimpanan ikan di wilayah Jogjakarta.

                Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menyamakan persepsi diantara semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan pembangunan sarana berpendingin di Sadeng. Cold storage dibangun di lokasi pelabuhan serta merupakan salah satu pendukung fasilitas dari pelabuhan serta bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat di PPP Sadeng. Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Ir. Bayu Sasongka Mukti M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan cold storage ini membutuhkan dukungan semua pihak agar bisa dibangun sesuai waktu. Kasi Penyimpanan Direktorat Logistik, Edi Sukardono, S.Sos menyatakan bahwa untuk wilayah DIY fasilitas sebelumnya yang sudah direalisasikan adalah adalah pasar ikan, mobil berpendingin, serta pabrik es. Pada Tahun sebelumnya, sebenarnya sudah direncanakan juga pembangunan cold storage berkapasitas 100 ton yang berlokasi di Pasar Ikan Higienis (PIH) Giwangan tetapi gagal dilaksanakan. Harapannya, cold storage ini akan menjadi berkah tersendiri bagi pelaku utama perikanan di Sadeng dan DIY. Untuk pembangunan cold storage di Sadeng, direncanakan selesai tanggal 15 Desember 2018 serta pembangunan ini akan dimonitor setiap minggunya. (rz)