Berita

Mendukung Kemajuan Pembudidaya Ikan Bantul, Diperpautkan Adakan Workshop Budidaya Gurami

Jumat Pon, 31 Agustus 2018 15:07 WIB 373

foto

Ikan gurami merupakan salah satu ikan yang terbilang populer karena selalu menjadi salah satu menu wajib di berbagai rumah makan di Indonesia. Inilah mengapa peluang usaha budidaya gurami sangat berpotensi dan terbuka lebar bagi siapa saja. Oleh karenanya, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) Kabupaten Bantul melalui Bidang Kelautan dan Perikanan mengadakan Workshop Budidaya Ikan Gurami pada Rabu (29/08). Bertempat di Pendopo Omah Gandeng, Beji, Sumberagung, Jetis, Bantul, workshop diikuti peserta sebanyak 50 orang yang berasal dari kelompok pembudidaya ikan gurami di Kabupaten Bantul.

Workshop dibuka oleh Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Diperpautkan, Istriyani, S.Pi. MM., dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Kebijakan Pembangunan Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Bantul. Menghadirkan narasumber salah satu praktisi yang berkecimpung dalam kegiatan budidaya ikan gurami, Sunarto. Sunarto menyampaikan materi mengenai teknik budidaya ikan gurami yang selama ini dilakukannya di rumah dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Mulai dari pembuatan kolam dan pemeliharaannya, pemilihan benih gurami yang baik, proses pemeliharaan gurami hingga panen serta bagaimana pemasarannya. Sunarto juga tidak lupa memberikan motivasi kepada kelompok untuk terus mengembangkan usahanya. Karena meskipun usaha itu dilakukan di rumah, jika dikelola dengan manajemen kelompok yang baik pada akhirnya akan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Materi terakhir disampaikan oleh Kepala Seksi Perikanan Budidaya Diperpautkan yang menyampaikan mengenai Budidaya Gurami dengan Prinsip Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB). CBIB merupakan konsep bagaimana membudidayakan ikan, agar ikan yang kita budidayakan memiliki kualitas baik dan meningkatkan daya saing produk, yaitu bebas kontaminasi bahan kimia maupun biologi dan aman dikonsumsi. Selain itu juga agar dalam proses membudidayakan ikan menjadi lebih efektif, efisien, memperkecil risiko kegagalan, meningkatkan kepercayaan pelanggan, menjamin kesempatan ekspor dan ramah lingkungan. (dp)