Berita

Panen Raya Bawang Merah Biji Varietas Lokananta bersama Bapak Bupati Bantul

Rabu Legi, 29 Agustus 2018 20:17 WIB 169

foto
Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono memanen Bawang Merah Biji Varietas Lokananta di Lahan Pasir Srigading Sanden Bantul (Foto : Taufik P)

             Pada Rabu, 29 Agustus 2018 bertempat di Kawasan Lahan Pasir Srigading, Sanden, Bantul diselenggarakan Panen Raya Bawang Merah Biji Varietas Lokananta. Acara ini dihadiri oleh Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Bambang Guritno, SH, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) DIY, Dr. Ir. Joko Pramono, MP, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian DIY, Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi , M. Sc, Camat Sanden, Slamet Santosa, S. IP beserta Muspika, petugas lapangan, serta para petani perwakilan dari Gapoktan dan Kelompok Tani.

              Pengembangan teknologi budidaya bawang merah dengan biji ini telah dilakukan oleh Kelompok Tani Manunggal Srigading, Sanden, Bantul. Pengembangan ini adalah kerjasama antara Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) DIY serta pendampingan bersama petugas lapangan. Varietas yang diujicobakan adalah varietas lokananta ( panah merah) yang dibudidayakan di kawasan lahan pasir pantai Samas, Srigading, Sanden, Bantul. Dalam segi biaya produksi pengembangan dengan biji sangat membantu petani karena harga biji bawang merah Rp 3.000.000,- per kg dan dalam 1 hektar kurang lebih butuh 2-3 kg biji bawang merah, sehingga dalam 1 ha lahan hanya membutuhkan sekitar Rp 6.000.000,- sampai Rp 9. 000.000,- untuk membudidayakannya. Hal ini sangat menghemat biaya dibanding dengan menggunakan umbi karena budidaya bawang merah dengan umbi menghabiskan sekitar 35 jt jika harga umbinya Rp. 35.000/kg. Harapan kedepan hal ini bisa membantu petani bawang merah di bantul serta semangat dalam makaryo bangun deso. (Rta)