Berita

Hadapi Idul Adha 1439 H, Diperpautkan Bantul Gelar Pelepasan Petugas Pemantauan dan Pengawas Hewan Qurban

Senin Pahing, 20 Agustus 2018 16:18 WIB 376

foto
Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc dan Kabid. Peternakan dan Kesehatan Hewan, Joko Waluyo, S.Pt, M.Sc bersama Petugas Pemantauan dan Pengawas Hewan Qurban (Foto : Taufik P)

                 Dalam rangka menghadapi Idul Adha 1439 H, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan dan Sekolah Vokasi UGM Yogyakarta menyelenggarakan Koordinasi dan Pelepasan Petugas Pemantauan dan Pengawas Hewan Qurban 1439 H,  Senin,  20 Agustus 2018 bertempat di Ruang Rapat Pari Diperpautkan Bantul.  Acara ini diikuti oleh 175 peserta yang terdiri dari 75 petugas dari Diperpautkan Bantul (baik ASN maupun THL) dan 100 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dan Sekolah Vokasi UGM Yogyakarta.

                Hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc dan Kabid. Peternakan dan Kesehatan Hewan, Joko Waluyo, S.Pt, M.Sc. Pada kesempatan ini juga secara simbolis Ir. Pulung Haryadi, M.Sc memakaikan atribut kepada perwakilan Petugas Pemantauan dan Pengawas Hewan Qurban sebagai tanda dimulainya kegiatan Pemantauan dan Pengawas Hewan Qurban 1439 H.

                Para Petugas akan diterjunkan kurang lebih di 2000 titik di Wilayah Kabupaten Bantul. Para Petugas Pemantauan dan Pengawas Hewan Qurban akan bekerja melakukan pemeriksaan antemortem (sebelum disembelih) dan post mortem (setelah disembelih). Dengan pemeriksaan ini diharapkan hewan yang akan disembelih memenuhi syarat kesehatan dan agama serta produk daging yang dihasilkan memenuhi kriteria ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). (Tth)