Berita

Dukung Potensi Wilayah, Diperpautkan Bantul Adakan Pelatihan Pengembangan Pembibitan Kakao

Senin Pahing, 20 Agustus 2018 09:41 WIB 329

foto
Camat Dlingo, R. Jati Bayubroto, SH, M.HUm bersama Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc dan para peserta Pelatihan Pengembangan Pembibitan Kakao (Foto : Chrisna Sari D)

           Kakao merupakan komoditas yang menjanjikan bagi petani, karena harganya cukup tinggi, untuk biji kering kisaran Rp20.000 – Rp40.000/kg. Buah kakao sebanyak 5-8 buah mampu menghasilkan 1 kg biji kering kakao. Harga biji kering kakao tergantung kualitas biji dan hasil fermentasinya. Tanaman kakao dapat berbuah sepanjang tahun, mulai umur 3 tahun tanaman sudah dapat berbuah. Tanaman kakao mampu memproduksi buah kakao sekitar 800 kg - 1 ton dari 1 Ha lahan, yang ditanami sekitar 600-700 pohon kakao.

          Kecamatan Dlingo memiliki karakteristik tanah yang cocok untuk budidaya tanaman kakao serta merupakan wilayah wisata alam, sehingga potensial jika akan dijadikan area pertanian kakao dan wisata kakao.

          Dalam rangka mendukung hal tersebut di atas, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul melaksanakan Pelatihan Pengembangan Pembibitan Kakao yang bersumber dari dana APBD Diperpautkan Tahun 2018 pada 13-15 Agustus 2018 bertempat di Aula 1 Kebun Buah Mangunan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah ilmu dan wawasan bagi petani kakao di daerah Mangunan, sehingga petani dan masyarakat memiliki semangat untuk mengembangkan dan memberdayakan potensi wilayahnya. Peserta sejumlah 30 orang yang merupakan petani dari Kelompok Tani Lemahabang dan Kelompok Tani Kanigoro.

          Acara dibuka oleh Camat Dlingo, R. Jati Bayubroto, SH, M.HUm, dilanjutkan sambutan dan arahan oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc, kemudian dilanjutkan pemateri oleh Kabid. TPHBun Diperpautkan Bantul, Ir. Yunianti Setyorini, M.Sc, Kepala Seksi Perbenihan dan Perlindungan Tanaman, Umi Fuaziah, STP, M.Sc, Staf DPPKP Kab. Bantul, BSPMBPTKP Dishutbun DIY, Hangger Murbono Hadi, BPP Kec. Dlingo dan praktisi.

           Pada kegiatan ini peserta mendapatkan materi salahsatunya tentang potensi pengembangan kakao di kecamatan Dlingo, Kebijakan  dari Diperpautkan tentang produksi dan provitas tanaman kakao, cara budidaya dan pemanenan kakao sesuai SOP, serta potensi dan prospek pengembangan tanaman, pengolahan dan pemasaran hasil kakao. (Chigie)