Berita

Tingkatkan Kreatifitas Masyarakat, Diperpaukan Bantul adakan Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman)

Jumat Pon, 27 Juli 2018 15:16 WIB 126

foto
Lomba Cipta Menu B2SA tahun 2018 (foto : Taufik P)

            Untuk mendukung  dan terciptanya Menu Pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul melalui Bidang Ketahanan Pangan melaksanakan Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) pada hari Rabu, 25 Juli 2018 bertempat di Aula Rapat Pari Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, meningkatkan pemahaman peserta/ masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA serta mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan dan menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul dengan TP PKK Kabupaten Bantul, yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Lomba ini diikuti oleh 17 Peserta yang mewakili masing-masing kecamatan di Kabupaten Bantul. Tim Yuri terdiri dari Dinas Kesehatan, TP PKK Kabupaten dan SMK Negeri 1 Pandak, Bantul. Pada kesempatan ini hadir Ketua TP PKK Kabupaten Bantul, Ibu Erna Suharsono, Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc, Kabid. Ketahanan Pangan, Ir. Siti Nurjanah, M.Si, serta Ahli Gizi Dinas Kesehatan Bantul, Yasir Heri Santoso.

          Adapun hasil Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman) Berbasis Sumber Daya Lokal Tahun  2018 adalah sebagai berikut :

                Juara I diraih oleh KWT (Kelompok Wanita Tani) Sumber Rejeki Panggungharjo Sewon, Juara II diraih oleh KWT (Kelompok Wanita Tani) Srikandi Kanggotan Pleret, Juara III diraih oleh TP PKK Kecamatan Bambanglipuro, Masing- masing juara memperoleh hadiah uang pembinaan dan piagam perhargaan dari Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul. Juara I (KWT Sumber Rejeki Panggungharjo Sewon) akan mewakili Kabupaten Bantul dalam Lomba serupa di tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. (TauP)