Berita

Bawang Merah Melimpah, Petani Nawungan Bersuka Ria

Jumat Pon, 22 Juni 2018 15:10 WIB 419

foto
Gerakan Panen Bawang Merah di Kelompok Tani Lestari Mulyo, Nawungan I, Selopamioro, Imogiri, dihadiri oleh Bupati Bantul, Drs. Suharsono. (Foto : Taufik Prihantoro)

Juwadi, salah satu anggota Kelompok Tani Lestari Mulyo Nawungan, Selopamioro, tampak berseri pagi ini. Bagaimana tidak? Bawang merah yang ditanam di lahan miliknya, memberikan hasil yang melimpah. Lahan miliknya seluas sekitar 800 m2, mampu berproduksi sekitar 1 ton.

Pun anggota kelompok yang lain, bawang merah yang ditanam mampu memberikan produktivitas sebesar 12 ton/Ha. Suatu  pencapaian yang sangat memuaskan dan menggembirakan bagi seluruh anggota kelompok tani Lestari Mulyo.

Keberhasilan kelompok tani Lestari Mulyo ini dilirik oleh Bupati Bantul, Drs. Suharsono. Nyatanya, Suharsono berkenan memanen bawang merah di Bulak seluas 105 hektar ini. Tampak kegembiraan Suharsono pada kegiatan Gerakan Panen Bawang Merah, Jum’at (22/6).

“Setelah kemarin berhasil mengangkat Beras Asli Bantul, kini saatnya bawang merah Bantul dari Nawungan ini dikenalkan pada masyarakat luas”, demikian kata Bupati Bantul pada acara tersebut.

Camat Imogiri, Tri Tujiana, AP., MM mengatakan bahwa benih yang digunakan oleh kelompok tani Lestari Mulyo menghabiskan dana sekitar 5 M. Dan diperkirakan hasil produksi bawang merah mencapai 16 M. (tR)