Berita

Bantul Siapkan Calon Penerima Adhikarya Pangan Nusantara 2018

Jumat Wage, 8 Juni 2018 08:45 WIB 106

Dalam rangka persiapan mengikuti lomba Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tahun 2018 serta menindaklanjuti hasil rapat Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bantul pada bulan Maret lalu, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) Kabupaten Bantul akan segera melakukan klarifikasi profil kelompok tani/Gapoktan/perorangan dan peninjauan lapangan calon penerima Adhikarya Pangan Nusantara (APN).
Penghargaan APN merupakan Apresiasi bagi upaya dan prestasi yang luar biasa yang dicapai perseorangan atau kelompok dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, koordinasi pangan dan ketahanan pangan pada berbagai tingkatan jenis usaha. Tujuan pemberian penghargaan untuk menumbuhkan, memdorong semangat kreatifitas serta partisipasi masyarakat untuk mengambil peran lebih besar dan memotivasi dalam mewujudkan kedaulatan, kemandirian dan ketahanan pangan di daerah.  
Calon penerima yang dikunjungi ini merupakan usulan dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di 9 (sembilan) kecamatan di Kabupaten Bantul dengan 6 kategori yaitu :
1. Pelopor Ketahanan Pangan
2. Pelayanan Ketahanan Pangan 
3. Pemangku Ketahanan Pangan
4. Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan Kelompok Pembangunan Industri Olahan Pangan
5. Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan Kelompok Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat
6. Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan Kelompok Pembangunan Kelompok yang Mengelola Produksi Pangan
Kepala Seksi Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Ir. Marjaka, selaku Pelaksana Kegiatan Klarifikasi Calon Penerima Penghargaan APN Tahun 2018 ini mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 4- 28 Juni 2018. Ditambahkan olehnya, “kegiatan ini harus dilaksanakan sebaik mungkin untuk mendapatkan calon yang qualified untuk dikirimkan ke ajang sejenis pada tingkat Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta”. (tR)