Berita

Grading Ikan Lele pada Sekolah Lapang Perikanan Budidaya

Kamis Pon, 7 Juni 2018 11:57 WIB 202

foto
Kegiatan Sekolah Lapang Perikanan Budidaya melalui Sistem Padat Tebar (Foto : Pramahdiansyah)

Sekolah Lapang Perikanan Budidaya (SLPB) yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan sejak bulan April memasuki tahap 4 yaitu materi grading ikan. Berlokasi di Pokdakan Mina Jaya, Gupakwarak, Sendangsari, Pajangan, SL tahap 4 dimulai.
Rabu (7/6) dengan dipandu oleh instruktur M. Zainun Ikhsan, S.Pi, peserta dilatih cara melakukan grading terhadap ikan lele yang telah berumur 40 hari, pada kolam bulat berdiameter 2m dengan kepadatan 400 ekor/m2. Zainun merupakan praktisi pembenihan ikan yang sudah lama menggeluti usaha pembenihan ikan yang beralamat di Garon, Panggungharjo, Sewon.
Grading merupakan kegiatan menyeleksi atau memisahkan ikan lele sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Zainun mengatakan tujuan dilakukan grading ini adalah untuk mendapatkan keseragaman ukuran ikan serta untuk mengurangi kanibalisme dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi pemberikan pakan. 
Sebelum dilakukan praktek grading, peserta diberi penjelasan terlebih dahulu mengenai teknis grading meliputi tahapan persiapan baik persiapan pada ikan yang akan digrading, persiapan kolam dan peralatan serta teknis atau tatacara grading. 
Selain penjelasan mengenai grading ikan, peserta juga diberikan pemahaman tentang manajemen usaha perikanan oleh Tim Teknis SLPB serta pengendalian hama dan penyakit ikan yang dibawakan oleh Astuti, SP (Pengendali Hama dan Penyakit Ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY).
Pada kegiatan praktek grading, peserta antusias mengikuti apa yang dijelaskan oleh instruktur. Peserta berharap dengan kegiatan sekolah lapang ini akan meningkatkan kapasitas kelompok dalam berbudidaya ikan dengan sistem padat tebar yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan anggota kelompok. (tR)