Berita

TARUNA TANI BANTUL PRODUKSI BERAS HITAM

Selasa Kliwon, 15 Mei 2018 08:44 WIB 237

foto

Generasi muda Kabupaten Bantul akhir-akhir ini mulai lebih tertarik menggeluti dunia pertanian. Adalah Taruna Tani Gilang Makmur Desa Gilangharjo Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul, salah satu organisasi generasi muda, yang mulai aktif bergerak dalam bidang pertanian. Organisasi anak muda  yang berdiri tahun 2017 tersebut berinisiatif untuk memproduksi beras hitam. Dipilihnya komoditas ini karena bernilai ekonomi tinggi dan pasarnya masih terbuka luas. Di lahan seluas 4.000 meter² budidaya padi/beras hitam dilaksanakan. Pada bulan Mei 2018 ini padi tersebut akan dipanen. Hasil panen akan dipasarkan ke pelaku usaha yang sudah terbiasa memasarkan beras hitam. Pendapatan dari penjualan beras hitam ini akan dimasukkan dalam kas taruna tani dan untuk operasional kegiatan. Untuk pengembangan pada musim tanam berikutnya luas tanam padi hitam bertambah 2.000 m².

Menurut Ketua Taruna Tani Gilang Makmur, Pardi Triwibowo, usaha budidaya beras hitam ini dilaksanakan dengan pola kemitraan.  Kemitraan yang dimaksud meliputi kemitraan dalam penyediaan lahan dan kemitraan pemasaran. Kemitraan dalam penyediaan lahan dengan  sistem bagi hasil  60 : 40 yaitu 60 % untuk taruna tani dan 40 % untuk pemilik lahan. Sedangkan kemitraan pemasaran dengan sistem perdagangan biasa.

Taruna tani Gilang Makmur merupakan salah satu taruna tani yang ada di Kabupaten Bantul. Menurut Kasi Penyuluhan  Diperpautkan Kabupaten Bantul, Ir. Imawan Eko Handriyanto, M.P. sampai saat ini taruna tani yang telah diregister Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) Kabupaten Bantul sebanyak 10 unit. Adapun 10 taruna tani tersebut adalah 1. Taruna Tani Gilang Makmur, Gilangharjo Pandak 2. Taruna Tani Tri Manunggal, Selopamioro Imogiri 3. Taruna tani Sarwo Palbapang Bantul 4. Taruna Tani Tunas Harapan, Pendowoharjo Sewon 5. Taruna Tani Tunas Muda Tani Tamanan Banguntapan 6. Taruna Tani Poncosari Srandakan 7. Taruna Tani Mulyodadi Bambanglipuro 8. Taruna Tani Argomulyo Sedayu 9. Taruna Tani Pleret Pleret dan 10. Taruna Tani Sumberagung Jetis.

Kegiatan yang dilaksanakan taruna tani antara lain budidaya beras hitam, pembuatan pupuk organik padat dan cair, budidaya sayuran, tanaman dalam pot dan budidaya perikanan .Kontak person: Mulyono 083128670184 (imw).