Berita

Dukung Upsus Siwab, Bantul Berikan Layanan Kesehatan Hewan Gratis

Senin Pahing, 7 Mei 2018 15:00 WIB 197

foto
Bupati Bantul, Drs. Suharsono didampingi Kepala Diperpautkan, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc dan Sekretaris, Ir. R. Bambang Pin Erwanta, MM serta Camat Dlingo, Jati Bayu Broto, SH., M.Hum pada Penjelasan Program Upsus Siwab di Komplek Kebun Buah Mangunan pada Rabu (2/5). (Foto : Sigit N., Taufik P)

Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) Kabupaten Bantul melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan saat ini sedang melaksanakan program pemerintah pusat yaitu Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Program tersebut merupakam lanjutan dari program serupa yang telah dilaksanakan pada tahun 2017 lalu.

Pencapaian program Upsus Siwab tahun 2017 di Kabupaten Bantul menunjukkan realisasi yang sangat baik, dengan target 18 ribu ekor sapi bunting, tercapai sekitar 24 ribu ekor sapi bunting.

Dijelaskan oleh drh. Titih Wahyaningtyas pada rangkaian acara Festival Pisang Bantul 2018 di Kebun Buah Mangunan di hadapan Bapak Bupati Bantul, Program Upsus Siwab ini seluruh induk sapi yang masuk kriteria produktif memperoleh perlakuan inseminasi buatan (IB) dan pemeriksaan kebuntingan (PKB) secara gratis. Tahun 2018 ini Kabupaten Bantul memperoleh jumlah akseptor sebanyak 23 ribu. Sampai dengan akhir bulan April ini, sudah tercapai pelayanan IB sebanyak 13.993 ekor dan PKB 7.639 ekor serta tercatat jumlah kelahiran pedet sebanyak 3.642 ekor.

Untuk mendukung keberhasilan program Upsus Siwab juga dilakukan penanganan gangguan reproduksi, penyediaan hijauan pakan ternak (HPT), dan pencegahan pemotongan betina produktif oleh seluruh jajaran dokter hewan melalui UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kabupaten Bantul. (tR)