Berita

Dukung Produksi Pupuk Organik, Pemerintah Latih Pembuatan Pupuk Organik

Selasa Wage, 24 April 2018 08:51 WIB 1919

foto
Peserta antusias melakukan praktek pembuatan pupuk organik (Foto: Widyastuti)

Bertempat di Rumah Unit Produksi Pupuk Organik (UPPO) Kelompok Tani Ngudi Rejeki I, Kanutan, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan selenggarakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik pada Selasa – Kamis (17/4-19/4) lalu.

Dengan menghadirkan narasumber dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta, sejumlah 30 orang peserta antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Selain materi tentang teknis pembuatan pupuk organik, peserta juga dibekali dengan berbagai materi pendukung seperti kebijakan pemupukan berimbang dan pengembangan pertanian di Kabupaten Bantul.

Dalam pelatihan, petani diberikan pemahaman tentang pentingnya unsur organik dan mikroorganisme di dalam tanah agar kesuburan tanah terjaga secara berkelanjutan. Selama ini, perilaku petani yang menyemprotkan pestisida dan pemberian pupuk kimia secara berlebihan berakibat pada penurunan kualitas dan kesuburan tanah. Dampaknya, produktivitas hasil tani menurun.

Materi tentang aplikasi pupuk organik dalam mendukung peningkatan produksi dan produktivitas juga diberikan serta pemasaran pupuk organik dan pengembangan usaha pembuatan pupuk organik pada kelompok tani. (tR)