Berita

Tingkatkan Mutu Benih, Dinas Pertanian Pengan Kelautan Dan Perikanan Bantul Laksanakan Workshop Penangkaran Benih Tahun 2018

Kamis Pon, 22 Februari 2018 09:47 WIB 2446

foto
Kegiatan Workshop Penangkaran Benih Tahun 2018 (Foto : Chrisna)

            Dalam UU Sistem Budi Daya Tanaman, benih adalah tanaman atau bagian dari tanaman yang digunakan untuk mengembang biakkan tanaman tersebut. Dalam budi daya tanaman, benih dapat berupa biji maupun tumbuhan kecil hasil perkecambahan, pendederan, atau perbanyakan aseksual dan disebut juga bahan tanam. Benih atau bahan tanam yang bukan berupa biji atau yang telah disemaikan dapat disebut sebagai bibit.

            Untuk mendukung peningkatan mutu, kualitas serta ketersediaan benih pertanian di Kabupaten Bantul, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul bekerja sama dengan UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian (BPSBP) DIY dan UPT Balai Benih Pertanian (BBP) Barongan melaksanakan Workshop Penangkaran Benih pada Selasa, 13 Februari 2018 lalu. Workshop yang diikuti oleh 50 peserta ini dilaksanakan di Joglo Semar, Kweden, Trirenggo, Bantul.

            Workshop dibuka oleh Sekretaris Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan, Ir. R. Bambang Pin Erwanta, MM dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Kepala UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian (BPSBP) DIY, Ir. R. Gatot Nursinggih Harjanto, MP, Kabid. TPHBUN, Ir. Yunianti Setyorini, M.Sc, Kasi. Perbenihan dan Perlindungan, Umi Fuaziah, STP, M,SC dan Kepala UPT Balai Benih Pertanian (BBP) Barongan, Budi Santoso, STP, MMA serta narasumber dari PT. Pertani dan PT. Sang Hyang Sri, dengan harapan dapat memudahkan para penangkar menjual benih serta peluang kerjasama dengan PT tersebut. (TP)