Berita

Cegah Hama Tikus, Petani di Bulak Puluhan Argomulyo Sedayu Pasang Perangkap Tikus

Senin Pon, 12 Februari 2018 11:31 WIB 1989

foto
Pemasangan Perangkap Tikus menggunakan Teknik TBS ( Trap Barrier System). Foto : Umi Fuaziah, STP, M,SC

Pagi ini (Senin, 12 Februari 2018) para petani khususnya di Bulak Pulahan, Argomulyo, Sedayu didampingi oleh Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupanten Bantul bergotong-royong memasang perangkap tikus. Teknik pemasangan perangkap tikus di Bulak Puluhan Argomulyo Sedayu yang mempunyai luas 3000 m2 ini menggunakan teknik TBS ( Trap Barrier System).

TBS atau sistem bubu perangkap merupakan  teknik pengendalian tikus sawah yang terbukti efektif menangkap tikus dalam jumlah banyak dan terus menerus sejak awal tanam sampai panen. TBS ( Trap Barrier System)  adalah pada daerah endemik tikus dengan tingkat populasi tinggi.

Satu unit TBS ( Trap Barrier System) terdiri atas tanaman perangkap sebagai umpan penarik kedatangan tikus; pagar plastik untuk mengarahkan tikus masuk perangkap; dan bubu perangkap sebagai alat penangkap dan penampung tikus. Ketiga komponen tersebut merupakan satu unit kesatuan terpadu dalam penggunaannya di lapangan.

Kegiatan Pemasangan Perangkap ini dilanjutkan dengan Kegiatan Pelatihan TBS ( Trap Barrier System) yang akan dilaksanakan di tempat tersebut pada tanggal 6-8 Maret 2018. (TP)

Sumber

Ingin tahu lebih lanjut tentang TBS kunjungi halaman ini.