Berita

Belum Menjadi Juara Bukan Berarti Kalah, Lanjutkan Perjuangan “Ayo Buka Informasi”

Rabu Kliwon, 1 November 2017 08:32 WIB 2424

foto
Pendampingan Keterbukaan Informasi Publik oleh komisioner Komisi Informasi DIY, Suharnanik Listiana, S.Sos dan Teguh Nur Trino, S.ST dari PPID Utama Kabupaten Bantul

Ajang bergengsi Pemeringkatan Badan Publik pada Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (KID DIY) telah selesai dengan diumumkannya badan publik yang meraih penghargaan pada Rabu (25/10) lalu.

Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) Kabupaten Bantul sebagai salah satu badan publik dengan kategori OPD Kabupaten/Kota berkesempatan masuk nominasi pada ajang ini. Dari hasil pengumuman, Diperpautkan masih harus bebenah diri untuk meningkatkan pelayanan informasi sebagai implementasi Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sebagai tindak lanjutnya, Komisioner Komisi Informasi Daerah DIY, Suharnanik Listiana, S.Sos berkenan mengunjungi Diperpautkan Kabupaten Bantul dalam rangka pendampingan keterbukaan informasi publik. Didampingi oleh salah satu Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Utama Kabupaten Bantul, Teguh Nur Trino, S.ST,  tim diterima langsung oleh Kepala Diperpautkan, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc

Pada kesempatan tersebut, Suharnanik menyampaikan tujuan kedatangannya ke kantor Diperpautkan. “Kami dari Komisi Informasi DIY, sebagai salah satu ketugasan kami, bermaksud melakukan pendampingan mengenai keterbukaan informasi publik melalui pencermatan terhadap website badan publik, evaluasi desk layanan informasi publik serta memberikan masukan-masukan demi peningkatan layanan informasi”, ungkap Suharnanik.

Ditambahkan olehnya, “Belum berhasilnya Diperpautkan mendapatkan penghargaan pada ajang pemeringkatan badan publik tahun ini, menjadi motivasi bagi Diperpautkan untuk bebenah dan semakin meningkatkan layanan informasi publik”.

Kepala Diperpautkan, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc sangat mengapresiasi kehadiran Komisi Informasi DIY ke Diperpautkan. “Ini menjadi cambuk bagi kami untuk melakukan perbaikan layanan informasi baik dari website, maupun desk layanan informasi di kantor Dinas kami. Ajang kali ini adalah sebagai batu loncatan bagi kami dan kami optimis untuk bisa mendapatkan penghargaan keterbukaan informasi publik tahun depan”, ungkapnya.

Ayo Buka Informasi! #BUKAINFOPUBLIK bukan ancaman (T)