Berita

Lagi, Bupati Bantul Lakukan Panen Raya di Bulak Bendo

Selasa Wage, 31 Oktober 2017 08:49 WIB 2985

foto

Setelah sebelumnya (Senin, 23/10) melakukan panen jagung hibrida di Bulak Derman, Bupati Bantul Drs. H. Suharsono melakukan Gerakan Panen Padi di Bulak Bendo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Senin (30/10).

Bulak Bendo dikelola oleh Kelompok Tani Makmur yang yang beranggotakan 20 orang. Varietas padi Situ Bagendit dan Ciherang ditanam oleh Kelompok Tani Makmur. Varietas Ciherang dipilih karena menghasilkan beras yang pulen dan enak, mampu beradaptasi di segala tempat kondisi alam dan umurnya yang relatif lebih singkat.

 

Menurut Ketua Kelompok Tani Makmur, Wakijo, bulak yang ada disini sekitar 20 hektar, dengan pengairan berupa irigasi semi teknis. Dari hasil ubinan, didapatkan produktivitas tanaman padi di Kelompok Tani Makmur adalah 8,12 ton/Ha. Sebuah hasil yang sangat menggembirakan bagi anggota Kelompok Tani Makmur.


Dalam sambutannya,  Bupati Bantul mengatakan, panen padi merupakan salah satu langkah nyata dari petani di Kabupaten Bantul khususnya di kelompok tani yang berada di Dusun Bendo serta upaya mempersiapkan musim tanam (MT 1) dan untuk menjadi contoh para petani-petani yang berada di Kabupaten Bantul.

Lebih lanjut Bupati Bantul juga menyampaikan, harus mau dan mampu menerapkan cara bercocok tanam sesuai anjuran petugas atau penyuluh pertanian yaitu dengan menerapkan cara budidaya yang ramah lingkungan. Yang dimaksudkan ramah lingkungan yaitu menanam padi dengan cara tidak menggunakan pestisida secara berlebihan. Ramah lingkungan dapat melalui pupuk kandang atau menggunakan pestisida organik.

Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mendukung Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) di Kabupaten Bantul. (T)